visitaaponce.com

Buwas Mengaku Bakal Sikat Mafia Beras

Buwas Mengaku Bakal Sikat Mafia Beras
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso(MI)

DIREKTUR Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso atau disapa Buwas menegaskan akan menyikat oknum yang terlibat dalam praktik mafia beras, termasuk karyawannya. Menurutnya, kebutuhan beras amat mendasar bagi masyarakat, sehingga tidak patut dipermainkan.

"Saya sampaikan ke pimpinan wilayah (pinwil) Perum Bulog, siapa yang bermain dengan beras, saya pecat langsung, tidak ada tegur-teguran," kata Buwas di Kantor Perum Bulog, Jakarta, Jumat (20/1).

Ia mengaku sudah mengantongi nama oknum tersebut dan diserahkan ke Satgas Pangan Polri untuk ditindak.

"Jangan pikir saya tidak tahu. Saya tahu di mana mereka, ada rekamannya. Saya tidak bodoh-bodoh amat," tambahnya.

Buwas mengaku dalam penelusuran langsung pihaknya, para oknum tersebut diduga mengancam ke pedagang terkait penguasaan distribusi beras. Praktik monopoli pun diendus kuat terjadi oleh mafia beras.

"Ini ngapain mereka mengumpulkan pedagang terus diintimidasi. Jangan merasa hebat, jagoan, pakai mengancam-ancam. Enggak ada penguasaan-penguasaan, ini beras pemerintah," tegasnya.

Baca juga: Bulog Surakarta Gelar Operasi Pasar Beras di 37 Lokasi di Kabupaten Sragen

Namun, Dirut Bulog itu enggan menyebut secara gamblang siapa oknum mafia tersebut. Pihaknya akan menyerahkan langsung kewenangan penanganan praktik kriminal itu ke Satgas Pangan.

"Saya sudah sampaikan ke Satgas Pangan. Nanti secara faktual data-datanya di cek dan akan didalami dulu," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasub Satgas Pangan Polri Helfi Assegaf menuturkan rantai distribusi yang tidak tertib harus dibereskan dan dipangkas. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi harga beras yang semakin mahal jika ada rantai panjang penyaluran komoditas tersebut.

"Kalau sudah diingatkan tidak bisa, mau tidak mau kita lakukan penegakan hukum. Kita tidak mau proses distribusi terganggu ke seluruh pelosok wilayah," sebutnya.

Pihaknya mendukung langkah pemerintah dan Bulog dalam penertiban penyaluran bahan pokok atau pangan di Tanah Air.

Selain penyaluran beras, Satgas Pangan Polri juga mengawasi dan mengawal distribusi komoditi pangan lain, seperti kedelai, cabai merah, cabai rawit merah. (OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat