visitaaponce.com

Presdir BCA Yakin Indonesia tidak Mengalami Resesi

Presdir BCA Yakin Indonesia tidak Mengalami Resesi
Ilustrasi(Antara)

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Jahja Setiaatmadja yakin Indonesia tidak akan masuk ke resesi seperti yang ditakutkan. Memang di negara-negara tetangga akan banyak yang kemungkinan menghadapi resesi. "Lingkungan yang akan membedakan," kata Jahja, Kamis (26/1).

Dengan kekuatan kinerja ekspor, kebutuhan devisa tercukupi. Ekspor apakah dari CPO atau pertambangan akan membutuhkan tenaga kerja. Penting bagi Indonesia, bagaimana tenaga kerja yang sebanyak itu dibutuhkan.

Dengan penambahan tenaga kerja, bisa mendorong kekuatan berbelanja masyarakat secara menyeluruh. Daerah-daerah seperti Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera, tidak cukup tenaga kerja terdampaknya, perlu dari Jawa didatangkan.

Ini menambah distribusi pendapatan. Mereka akan mengirimkan dana-dana gajinya ke keluarga, dan ini juga meningkatkan buying power. Belum lagi dengan distribusi pekerja, alat berat, pembangunan infrastruktur juga akan merambatkan distribusi penghasilan.

"Multiplier effect dari kegiatan bisnis ekspor ini luar biasa, dan menyangkut penambahan tenaga kerja. Ini menambah keyakinan saya, bahwa memang terjadi itu penurunan daripada daya beli secara hukum tetapi ke depan itu akan meningkat," kata Jahja. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat