visitaaponce.com

Setelah Dihantam Resesi, Perekonomian Inggris mulai Menggeliat

Setelah Dihantam Resesi, Perekonomian Inggris mulai Menggeliat
Seseorang berjalan melewati sebih toko yang tutup di Inggris.(Daniel LEAL / AFP)

Perekonomian Inggris mulai pulih kembali dengan pertumbuhan yang tipis pada Januari setelah tergelincir ke dalam resesi pada akhir tahun lalu.

Data resmi bulanan pada Rabu (13/3) menunjukkan produk domestik bruto tumbuh 0,2% menyusul penurunan tipis 0,1% pada bulan Desember, kata Kantor Statistik Nasional dalam sebuah pernyataan.

Di Inggris yang dilanda resesi angka pengangguran telah meningkat karena pertumbuhan upah semakin menurun, menurut data resmi pada Selasa (12/3). Data ini mendukung ekspektasi analis mengenai penurunan suku bunga Inggris di masa depan.

Baca juga : Kemungkinan Resesi Terjadi di Indonesia Dinilai Kecil

“Tingkat pengangguran naik menjadi 3,9% dalam tiga bulan hingga akhir Januari, naik dari 3,8% pada kuartal terakhir tahun lalu,” kata Kantor Statistik Nasional dalam sebuah pernyataan.

Pertumbuhan gaji reguler rata-rata, tidak termasuk bonus,  turun menjadi 6,1% dari 6,2%.

Dengan mempertimbangkan tingkat inflasi tahunan Inggris selama periode pelaporan, upah riil hanya meningkat sebesar dua persen.

Baca juga : Konsumsi Melemah, Jepang Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Seperti Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa, Bank of England diperkirakan akan memangkas suku bunga segera setelah bulan Juni ketika inflasi mereda dan mengikuti beberapa kenaikan suku bunga untuk melawan melonjaknya harga.

"Pelonggaran dalam pertumbuhan upah mungkin masih terlalu lambat sesuai keinginan Bank of England," kata Paul Dales, kepala ekonom Inggris di kelompok riset Capital Economics.

“Tetapi ada tanda-tanda menggembirakan bahwa perlambatan yang lebih besar akan segera terjadi dan penurunan suku bunga pada bulan Juni mungkin terjadi.”

Ekspansi pada kuartal pertama diproyeksikan akan menandakan berakhirnya resesi. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat