visitaaponce.com

Luhut Akui Indonesia Sulit Menjadi Raja Baterai Kendaraan Listrik

Luhut Akui Indonesia Sulit Menjadi Raja Baterai Kendaraan Listrik
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.(Antara)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui Indonesia sulit menjadi raja atau penguasa baterai kendaraan listrik dunia.

Hal ini disampaikan Luhut saat menghadiri roundtable meeting yang dijembatani antara Australia Indonesia Business Council bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Perth, Australia, Senin (13/2).

"Kami sadar bahwa cita-cita menjadi raja baterai kendaraan listrik dunia bukan hal yang mudah," ujarnya dikutip dari akun resmi Instagram @luhut.pandjaitan, Selasa (14/2).

Ia mengatakan meski Indonesia kaya akan nikel dengan 52% cadangan nikel dunia berasal dari Indonesia, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hal ini dianggap belum mampu menjadikan Indonesia sebagai raja baterai kendaraan listrik dunia.

"Ini karena kita tidak punya lithium yang notabene menjadi bahan utama pengembangan industri baterai kendaraan listrik," jelas Luhut.

Menko Marves pun menjajaki bisnis dengan pengusaha Australia untuk berinvestasi mengembangkan industri baterai kendaraan listrik di Indonesia. Bukan tanpa alasan lobi tersebut, karena kata Luhut, setengah kandungan lithium dunia ada di Negeri Kangguru.

"Australia adalah kandidat terbaik dan partner potensial kami untuk berinvestasi mengembangkan industri baterai kendaraan listrik. Untuk itu kami perlu mendapatkan kepercayaan agar bisa bekerja sama dengan salah satu raksasa lithium dunia," terang Luhut.

Dalam kunjungan kerja itu, Luhut membawa perwakilan beberapa perusahaan BUMN sektor sumber daya mineral untuk bertemu dan menjajaki langsung kerja sama dengan para pengusaha lithium di Australia. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat