visitaaponce.com

Siap-siap, Menperin Sebut Produsen Motor Listrik Penerima Insentif akan Bertambah

Siap-siap, Menperin Sebut Produsen Motor Listrik Penerima Insentif akan Bertambah
Motor listrik yang diberi subsidi pemerintah(MI/Susanto)

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang, menuturkan jumlah produsen sepeda motor listrik yang akan menerima insentif kendaraan listrik bisa bertambah. Saat ini baru ada tiga produsen sepeda motor listrik yang ditunjuk pemerintah akan menyalurkan bantuan tersebut yakni Gesits, Volta, dan Selis.

Untuk bisa mendapatkan insentif, produsen tersebut diharuskan memiliki minimal Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40% dalam memproduksi sepeda motor.

"Boleh dong (bertambah), asal dia TKDN sudah 40%. Jumlah ini juga pasti akan bertambah," kata Agus di acara Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Kamis (9/3).

Baca juga: Pemerintah Subsidi 200 Ribu Kendaraan EV

Menperin menjelaskan beberapa produsen sepeda motor listrik lainnya sudah mengajukan komitmenya untuk menyalurkan insentif sebesar Rp7 juta per unit motor listrik. Pemberian insentif tersebut ditargetkan untuk 200 ribu unit sepeda motor listrik baru dan untuk konversi menjadi motor listrik untuk 50 ribu unit di tahun ini. Kebijakan ini akan bergulir pada Senin, (20/3).

"Ada beberapa produsen yang memberikan komitmen ke kami dan akan meningkatkan TKDN. Jadi, catatan juga, karena kuota di 2023 itu 200 ribu motor, jadi cepat-cepatan saja mengajukan," pungkasnya.

Baca juga: Hitung-Hitungan Indef, Kendaraan Listrik Tekan Seperlima Biaya Transportasi

Aturan insentif kendaraan listrik tengah difinalisasi dan akan segera diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai acuan produsen dalam menyalurkan bantuan pemerintah tersebut.

"Sudah ada di Kemenkeu, sudah diputuskan. Mobil dan bus juga sudah diputuskan mendapat insentif," pungkasnya.

Sementara itu, berbeda dengan motor listrik, insentif untuk mobil listrik belum ditentukan besaran pastinya namun pemerintah merencanakan untuk memberikan bantuan kepada pembelian 35.900 unit mobil listrik dan 138 bus listrik.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat