visitaaponce.com

Begini Cara Beli Motor Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile

Begini Cara Beli Motor Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile
Pekerja memeriksa motor listrik di sebuah dealer motor listrik di Jakarta.(ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

MASYARAKAT bisa membeli motor listrik lewat PLN Mobile melalui menu electric vehicle (EV). PLN telah bekerja sama dengan pabrikan motor Volta, Gesits, dan Selis untuk memudahkan masyarakat memilih motor listrik favorit.

Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan langkah PLN bersama Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara dan manufaktur motor listrik itu untuk menyambut kebijakan pemerintah yang memberikan bantuan potongan harga Rp7 juta per unit motor listrik untuk masyarakat.

"PLN, Himbara, dan produsen motor listrik hadir membangun ekosistem kendaraan listrik dan bagaimana kebijakan insentif itu berjalan secara efektif," ungkap Darmawan dalam keterangan resmi, Senin (13/3).

Baca juga: Sumbar Mulai Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Dirut PLN mengajak kepada para manufaktur motor listrik di Indonesia untuk terus meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) minimal 40% agar dapat menyalurkan insentif pembelian motor listrik baru ke masyarakat.

"Melalui PLN Mobile, kami berperan sebagai fasilitator produsen motor listrik untuk memasarkan produk mereka,” tambahnya.

Adapun cara pembelian motor listrik melalui aplikasi PLN mobile ialah pelanggan memilih menu marketplace, lalu pilih kategori electric vehicle, dan klik marketplace. 

Baca juga: Motor Listrik Tangkas Lolos Uji Tipe, Kini Pemiliknya Bisa Miliki STNK

Selanjutnya, pilih jenis motor sesuai keinginan, pilih tombol pesan sekarang, dan isi alamat pengiriman untuk pengguna baru.

Lalu, konsumen memilih tombol pengiriman oleh seller dalam kurir pengiriman, pesanan akan diverifikasi, kemudian pilih kanal pembayaran dan lakukan pembayaran sesuai dengan hasil verifikasi. Pesanan pun akan terkonfirmasi dan menunggu pengiriman. 

Pada kanal pembayaran masyarakat bisa langsung memilih paket kredit yang ditawarkan oleh Himbara.

Selain potongan harga Rp7 juta tersebut, PLN juga menyiapkan voucer potongan tarif listrik. Voucer ini otomatis didapatkan oleh para pelanggan yang baru pertama kali memiliki motor listrik.

"Voucher ini nanti bisa dimanfaatkan baik untuk pelanggan pascabayar maupun prabayar yang menggunakan token," kata Darmawan.

Lewat platform EV pada aplikasi PLN Mobile, masyarakat juga dimudahkan dalam mencari tahu lokasi Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) terdekat. 

Melalui platform ini, masyarakat juga dapat memantau pengeluaran biaya mengisi daya motor listrik.

Saat ini PLN telah mengoperasikan 1.056 unit SPBKLU dan 6.705 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pengisian daya kendaraan listriknya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat