visitaaponce.com

Program Subsidi Motor Listrik Dinilai belum Optimal

Program Subsidi Motor Listrik Dinilai belum Optimal
Pengunjung memperhatikan kendaraan listrik yang dipajang dalam PEVS 2024(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

PROGRAM subsidi motor listrik senilai Rp7.000.000 per unit dinilai belum berjalan optimal. Pasalnya, masih banyak kendala yang dialami pelaku industri dalam platform Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira) yang sudah disediakan pemerintah sebagai pusat data.

Founder dan CEO Tangkas Motor Listrik Agung Pamungkas alias Don Papank meminta pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo turun langsung dan mengecek platform Sisapira yang menjadi garda terdepan subsidi motor listrik. Platform tersebut terdapat jumlah sisa kuota subsidi, proses pendaftaran, terverifikasi, hingga motor listrik yang tersalurkan.

"Presiden harus lihat ke lapangan agar program pemerintah ini berjalan lancar, dikarenakan akun Sisapira kini menjadi obstacle terakhir bagi percepatan subsidi motor listrik," ujar Don dalam keterangannya, Kamis (20/6).

Baca juga : Kebijakan Pengurangan Emisi Sektor Industri Perlu Implementasi Konsisten

Pihaknya selaku distributor Tangkas Motor Listrik mengklaim sudah mengantongi izin resmi dan lengkap untuk subsidi motor listrik dari pemerintah. Namun selalu menuai kendala dalam platform tersebut, sehingga program yang diharapkan pemerintah belum bisa berjalan maksimal di lapangan.

"Kami sudah memiliki semua izin itu. Misalnya, SUT Tangkas Motor Listrik, Surat Rekomendasi Kakorlantas Tangkas Motor Listrik, Surat Konfirmasi NIK Tangkas Motor Listrik, Sertifikat TKDN P6 & E6 Tangkas Motor Listrik," kata dia.

Lebih lanjut, Don Papank mengatakan pihaknya juga menawarkan kenyamanan untuk mobilitas sehari-hari. Dengan tampilan Motor Listrik yang trendi, berpadu dengan bodi dan ban yang lebar akan membuat pengguna lebih percaya diri saat berkendara.

Baca juga : Dukung Berantas Impor Ilegal, AISMOLI Ingin Jadikan Indonesia Pusat Industri Motor Listrik di ASEAN

"Sebisa mungkin kita akan terus meningkat kualitas dan menjamin keselamatan konsumen saat mengendarai Tangkas Motor Listrik ini," jelas Don.

Pihaknya juga membuka franchise bagi pengusaha di seluruh Tanah Air yang ingin bergabung menjadi mitra atau partner motor listrik Tangkas dengan mengunjungi link website resmi mereka.

Adapun, Sisapira disiapkan pemerintah sebagai platform penyaluran sepeda motor listrik dengan subsidi Rp7 juta dari pemerintah. Pemberian subsidi motor listrik dilakukan melalui skema 1 KTP berlaku untuk 1 motor listrik. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat