visitaaponce.com

Kolaborasi dalam Menuju Pembangunan Berkelanjutan Beri Dampak Positif

Kolaborasi dalam Menuju Pembangunan Berkelanjutan Beri Dampak Positif
Ajang Impact Fest(Dok. Maxima)

KESADARAN bersama perlu dimiliki oleh semua pemangku kepentingan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Hal itu jadi salah satu poin penting dalam penyelenggaraan Impact Fest yang digelar Maxima, Kamis (16/3).

Impact Fest mendorong mitra dan pemangku kepentingan lintas sektor untuk berkomunikasi dan membuka peluang kolaborasi sehingga dapat menghasilkan dampak yang berbeda.

Founder dan CEO Maxima Ivan Ahda mengatakan, Impact Fest digelar mewujudkan dampak yang signifikan dalam proses pembangunan lewat kolaborasi multipihak.

Baca juga : Pembangunan Berkelanjutan Butuh Gotong Royong

“Untuk mewujudkan dampak yang signifikan, Maxima tidak bisa sendiri maka dari itu, kami mengadakan Impact Fest sebagai bentuk komitmen kami untuk menciptakan dampak. Sampai jumpa di Impact Fest tahun depan,” ujar Ivan Ahda.

Salah satu upaya memunculkan dampak dari pembangunan ialah lewat tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL/CSR). Direktur TJSL kementerian BUMN Fahrudin Muhtahmir mengatakan, TJSL harus mempunyai pengukuran yang valid dari level internal maupun eksternal.

Baca juga : P&G Berkomitmen Jalankan Bisnis Berkelanjutan untuk Kurangi Jejak Karbon

“Pengukuran dampak pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau TJSL BUMN, minimal mengukur dampak internal seperti output dari program yang dilakukan, kemudian pengukuran pada eksternal seperti survei Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM dan yang terakhir ialah SROI atau Social Return on Investment,” ujar Fahrudin.

epala Divisi Pembelajaran dan Budaya dari IFG Gita Indriati mengatakan, program yang dirancang dalam TJSL harus bisa mencerminkan nilai perusahaan dan individu agar dampak yang diberikan bisa diukur. 

“CSR itu harus sejalan dengan identitas sebuah perusahaan, buatlah program yang lebih bermakna dan berdampak,” imbuh Nanang Rizal Achyar, Director People & Culture dari PT BUMA.

Impact Fest juga diisi dengan sesi Impact Clinic yang ditujukan untuk para manajer, kepala divisi, serta supervisor yang sedang mencari inspirasi dan belajar bagaimana mengembangkan program menjadi lebih berdampak. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat