visitaaponce.com

Media Indonesia dan Lembaga Manajemen FEB UI Perkuat Kolaborasi

Media Indonesia dan Lembaga Manajemen  FEB UI Perkuat Kolaborasi
Jajaran manajemen Media Indonesia dan LM FEB UI usai penandatangan nota kesepahaman.(MI/Fetry)

Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) dan PT Media Nusa Citra Purnama (Media Indonesia) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) untuk kerja antara institusi lembaga di bawah universitas, dengan media.

Direktur Utama Media Indonesia Gaudensius Suhardi mengatakan tugas media salah satunya untuk mencerdaskan bangsa, berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Media Indonesia menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi negeri, dengan beberapa organisasi kemasyarakatan terutama lembaga keagamaan.

"Semua itu agar pemberitaan dapat dipertanggungjawabkan untuk bisa menjaga kepercayaan masyarakat. Di dalam kerja sama, tidak ada unsur kepentingan lain selain kepentingan profesionalitas. Saya bisa menjamin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi sudah sejak lama," kata Gaudensius, di Jakarta, Kamis (6/4).

Tentu saja kerja sama diharapkan bisa saling mutualisme, saling membawa manfaat. Beberapa perguruan tinggi yang telah bekerja sama pun, dia katakan puas dengan kerja sama yang telah dilakukan, dan berkomunikasi dengan sesama perguruan tinggi lain untuk bekerja sama.

"Teknis kerja sama bisa kita bicarakan tentang seperti apa bentuknya. Yang paling penting kami diterima dengan tangan terbuka di UI," kata Gaudensius.

Nota Kesepahaman Bersama ini berlaku untuk jangka waktu empat tahun sejak ditandatangani, dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan para pihak.

Berbagai bentuk kerja sama yang mungkin akan dilakukan antara lain seperti berbagi data penelitian, pengetahuan dan pandangan para ahli ekonom, diskusi pengembangan berbagai isu terkini, hingga menyederhanakan berbagai tulisan jurnal penelitian ke bahasa yang lebih dipahami oleh masyarakat pada umumnya. Sehingga hasil dari kajian, dapat turut memberi pengetahuan bagi masyarakat.

Direktur utama LM FEB UI Willem A. Makaliwe mengatakan LM FEB UI siap membantu hal-hal yang bisa dikerjasamakan untuk diskusi terkait isu ekonomi hingga dalam aspek komersial. Bisnis yang dikembangkan oleh mereka lebih terkait pada kerja sama dengan korporasi, seperti BUMN, terutama untuk proses pelatihan dan asesmen.

"Meski LM FEB UI ini telah berusia 60 tahun, namun tidak berkolerasi dengan populer. Makanya kerja sama dengan Media Indonesia menjadi penting dalam hal komunikasi. Mungkin selama ini jurnal ekonomi dan bisnis terlalu kaku penulisannya, kerja sama seperti ini diharapkan bisa untuk saling berlajar cara-cara menuliskannya dalam bahasa jurnalistik untuk disampaikan ke masyarakat," kata Willem.

Hal-hal yang bisa LM FEB UI tawarkan dalam kerjansama ini pertama yaitu insight atau pendalaman isu, atau permasalahan yang sedang hangat di masyarakat, institusi dapat membantu pada fokus mikro, manajerial.

Seperti terkait isu asuransi atau jaminan sosial, institusi mungkin akan bisa memberi pandangan terkait bagaimana dana dan pelayanan itu seharusnya dikelola.

LM FEB UI juga siap berkontribusi secara rutin melalui diseminasi tulisan-tulisan, sharing session, ikut serta dalam workshop penulisan yang populer sesuai bahasa yang dibutuhkan untuk artikel koran dan online.

Kerja sama juga bisa dieksplorasi lebih jauh untuk kolaborasi forum sebagai menjadi nara sumber, berpartisipasi sebagai pengajar dalam pelatihan atau berbagi ilmu pembekalan. (Try/E-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat