visitaaponce.com

2024, Karawang Punya Pabrik Baterai EV Terbesar se-ASEAN

2024, Karawang Punya Pabrik Baterai EV Terbesar se-ASEAN
Presiden Jokowi saat groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Asia Tenggara di Karawang, Jabar, tahun 2021.(Setpres)

PT Industri Baterai Indonesia atau dikenal Indonesia Battery Corporation (IBC) mengungkapkan, pabrik baterai kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara akan beroperasi di Karawang New Industry City (KNIC) Jawa Barat, pada tahun depan.

Menggandeng perusahaan ternama asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution, investasi pembangunan pabrik tersebut memakan biaya US$1,1 miliar atau sebesar Rp16,3 triliun (kurs Rp14.823).

"Proyek baterai sel kendaraan listrik bernama Omega ini, konstruksinya sudah 80% dan siap beroperasi di 2024," kata Direktur Utama IBC Toto Nugroho dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (12/4).

Baca juga : Pengawasan dan Kemudahan Akses Permodalan jadi Kunci Percepatan Ekosistem Baterai

Pabrik tersebut ditargetkan menghasilkan kapasitas produksi hingga 10 gigawatt per hour (GWh) dengan menghasilkan lebih dari 150.000 unit baterai kendaraan listrik.

Toto menjelaskan katoda baterai mobil listrik yang dimiliki Hyundai masih diimpor, meski produksi sudah dilakukan di Indonesia.

Baca juga : Sah! Pemerintah akan Berikan Subsidi untuk Kendaraan Listrik, Motor Listrik Dapat 7 Juta

Dengan dibangunnya pabrik baterai kendaraan listrik terbesar di ASEAN tersebut, akan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi komponen kendaraan listrik itu.

"Pabrik tersebut akan terintegrasi dengan pabrik mobil Hyundai. Rencananya dalam produksinya tidak hanya buat Indonesia saja tapi diekspor juga," ujarnya

IBC, lanjut Toto, berencana ikut dalam kepemilikan saham minoritas pada proyek baterai kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara.

"Kami masih negosiasi, rencana akan masuk secara minoritas hampir 5% di proyek Omega tersebut," pungkasnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat