visitaaponce.com

Presiden Perintahkan Bulog Turunkan Harga Beras di Depok

Presiden Perintahkan Bulog Turunkan Harga Beras di Depok
Presiden Joko Widodo(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo memerintahkan Perum Bulog untuk melakukan operasi pasar di Depok, Jawa Barat, guna mengendalikan harga beras di wilayah tersebut. Instruksi itu ia berikan setelah melihat langsung situasi harga komoditas pangan utama yang masih tinggi.

 

“Yang belum turun memang beras. Tadi saya sudah perintahkan Bulog untuk drop ke pasar agar ada seperti operasi pasar,” ujar Jokowi di Pasar Pal Tugu, Depok, Kamis (13/4).

Jokowi meninjau harga bahan-bahan pokok di Pasar Pal Tugu pada masa menjelang akhir Ramadan. Selain beras, sejumlah komoditas pangan seperti bawang merah, telur, bawang putih dan daging ayam sudah mengalami penurunan harga.

Baca juga: Stok Beras Bulog Masih Dibawah Ideal

"Harga baik, harga stabil. Yang belanja juga gitu, tidak ada keluhan-keluhan," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Dalam beberapa pekan terakhir terutama menjelang dan saat Ramadhan, Jokowi gencar meninjau langsung harga-harga bahan pokok di pasar saat kunjungan kerja ke berbagai provinsi.

Baca juga: Presiden Klaim Semua Harga Pangan Turun

Sebelumnya, di Pasar Kelapa, Cilegon, Banten, Selasa (11/4), Jokowi mendapati harga pangan lebih tinggi dibandingkan daerah lain. Masalah itu terjadi karena adanya kendala dalam distribusi barang.

"Untuk bawang merah yang kemarin di Boyolali Rp26 ribu, disini Rp35 ribu. Kemudian bawang putih juga Rp40 ribu. Jadi memang tiap daerah berbeda-beda, tetapi ini menunjukkan bahwa distribusinya masih belum baik," kata Jokowi.

Sedangkan di sejumlah pasar di Jawa Tengah, Jokowi melihat harga bahan pangan cenderung stabil. Bahkan, sejumlah komoditas seperti cabai rawit, telur, bawang putih, dan daging ayam mengalami penurunan harga.

“Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah mengecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati Lebaran seperti apa? Ternyata yang di sini yang kita lihat turun semuanya,” ucap Jokowi saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cepogo, Boyolali, Senin (10/4). (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat