visitaaponce.com

Kemenhub Ramal Mobilitas Mudik Tertinggi dari Jakarta ke Semarang

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi pergerakan mudik terpadat akan terjadi di Jakarta ke Semarang.

"Titik paling banyak mudik adalah Jakarta ke Semarang. Itu nomor satu," kata Budi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Waspada 123 Juta Pemudik, Menhub Bongkar Strategi Jitu,' Minggu (16/4).

Budi mengatakan pergerakan lainnya diduga relatif aman. Misalnya dari Jawa Barat ke Jawa Tengah atau dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Baca juga: H-8 Hari Lebaran 2023, Jasa Marga Catat 158 ribu Kendaraan Meninggalkan Jabotabek

"Tapi dari riset dan data empiris, di situlah tempat itu (Jakarta-Semarang tertinggi)," papar dia.

Budi menyebut mobilitas antardaerah ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ke Solo turut diramal kondusif. Termasuk dari Solo ke DIY relatif aman.

Baca juga: Mentan Pastikan Stok Daging Aman Jelang Lebaran

"Tapi dari Jakarta ke Semarang (perlu perhatian ekstra) karena pemudiknya banyak sekali," ujar dia.

 

Kemenhub melakukan survei terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada Lebaran 2023. Hasilnya, 123,8 juta diperkirakan akan pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

Budi mengatakan jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 44,79% ketimbang 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

"Mudik Lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen, kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama," ujar Budi dalam Rapat Kerja (Raker) Bersama Komisi V DPR di Jakarta, Selasa (4/4). (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat