visitaaponce.com

Menhub H-3 Lebaran, Jumlah Kendaraan Pemudik Meningkat di Cikampek hingga Kalikangkung

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan terjadi lonjakan kendaraan yang melintas di jalan tol Jakarta ke arah timur. Tol Cikampek, Cipali, Kalikangkung, hingga Semarang mengalami peningkatan 20% dibandingkan arus mudik periode 2022. 

"Alhamdulillah sekalipun ada lonjakan kendaraan, namun rata-rata kecepatan kendaraan dari Tol Jakarta ke Semarang juga meningkat dari tahun 2022 lalu yaitu dari 69 Km/jam menjadi 71 Km/jam. Ini membuktikan kita improve dibanding tahun lalu," kata Budi melalui keterangan tertulis, Kamis (20/4).

Sejumlah formula menekan kepadatan kendaraan pemudik sudah dilakukan. Di antaranya menambah infrastruktur jalan tol yang semula hanya 6 lajur menjadi delapan lajur.

Baca juga: H-4 Lebaran, 266 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Awalnya enam jalur itu terdiri dari 3 lajur arah Jakarta dan 3 lajur arah Cikampek. Kemudian, ditambah menjadi 4 lajur arah Jakarta dan 4 lajur arah Cikampek. Penambahan itu sampai Km 70.

Formula lainnya menambah fasilitas dan kapasitas di rest area. Misalnya, dilakukan Astra sebagai pengelola Tol Cipali yang menambah fasilitas toilet dari 150 menjadi 300 unit dan kapasitas parkir dari 300 kendaraan menjadi 1.000 kendaraan.

Baca juga:

“Ini menjadi pelajaran yang baik bahwa kita harus terus meningkatkan prasarana jalan dan meningkatkan kecanggihan sistem penghitungan. Insha Allah pelaksanaan arus mudik dan balik Tahun depan akan lebih baik lagi," ucap Budi. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat