visitaaponce.com

Empat Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

Empat Cara Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri
(DOK.TOPREMIT)

TRANSFER uang ke luar negeri kini semakin lumrah dilakukan oleh perusahaan maupun pribadi dengan tujuan beragam. Mulai untuk membiayai anak atau saudara yang sedang menuntut ilmu atau menetap di luar negeri, hingga transaksi dengan supplier barang impor.

Seiring dengan semakin membludaknya transaksi lintas negara, semakin banyak pula cara baru yang lahir untuk transfer uang ke luar negeri. Bahkan, masyarakat sudah bisa kirim uang dari rumah mereka dengan nyaman. Berikut beberapa cara yang tepat untuk mengirim uang ke luar negeri:

Kirim Uang Melalui Aplikasi Topremit

Topremit adalah aplikasi pengiriman uang ke luar negeri pertama di Indonesia dan menjadi salah satu layanan yang cukup direkomendasikan lantaran menyediakan jasa kirim uang ke luar negeri atau remitansi yang cepat, murah dan juga aman. Tak perlu menunggu lama jika menggunakan Topremit karena uang yang dikirim bisa sampai langsung ke rekening bank penerima hanya dalam 5 menit. Kecepatan ini tentunya berbeda-beda tergantung dengan negara tujuan yang dipilih

Baca juga: Topremit Permudah Kirim Uang ke Luar Negeri

Untuk dapat menikmati layanan Topremit, kamu hanya perlu membayar biaya transfer yang terjangkau yakni berkisar mulai dari Rp45 ribu per transaksinya. Biaya ini tentu akan bervariasi tergantung dengan negara tujuan. Selain itu, pengguna bisa hemat lebih banyak karena Topremit menawarkan kurs yang lebih rendah dan juga biaya transfer yang bersifat flat. Sehingga, berapapun nominal uang yang kamu kirim, biaya transfer yang perlu kamu bayar akan tetap sama.

Keamanan dari aplikasi Topremit juga tidak perlu diragukan, kerena remitansi online ini sudah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia sejak awal berdirinya pada 2009 silam. Sebagai pionir yang memperkenalkan cara kirim uang ke luar negeri berbasis online di Indonesia, Topremit juga telah memperoleh 2 penghargaan langsung dari Bank Indonesia sebagai 'Penyedia Jasa Transfer Uang Terbaik' pada 2019 dan 2022. Selain itu, Topremit juga sudah dipercaya oleh lebih dari 180.000 pengguna untuk mengirimkan uang senilai lebih dari Rp7,7 triliun ke lebih dari 60 negara di dunia.

Menggunakan Paypal

Sebagai salah satu penyedia layanan transfer dana yang terkenal, PayPal menawarkan rekening virtual yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan saldo serta mengirim atau menerima dana dari pengguna lainnya. Agar dapat mengirim uang ke penerima di luar negeri, penerima harus memiliki rekening PayPal. 

Jika penerima ingin menarik saldo dari rekening virtualnya, mereka harus memindahkan dana ke rekening bank pribadi mereka. Namun, pengguna akan dikenakan biaya sebesar Rp16.000 untuk menarik uang di bawah Rp1,5 juta dan proses ini membutuhkan beberapa hari sebelum uang bisa sampai ke rekening bank pribadi penerima.

Western Union

Western Union menjadi pilihan yang cukup populer untuk kirim uang ke luar negeri karena mereka adalah salah satu layanan pertama di dunia yang menyediakan jasa remitansi. Dengan Western Union, pengguna dapat mengirim atau menerima uang tanpa perlu memiliki rekening bank.

Transfer uang dapat dilakukan dengan mengunjungi agen Western Union kemudian mengisi formulir dengan data yang diperlukan. Western Union juga memiliki jaringan yang luas, mencakup lebih dari 100 negara. 

Baca juga: Baru! Pospay Sekarang Ada Fitur Transfer BI-Fast

Jika kamu ingin menerima uang secara langsung dan bersedia untuk mendatangi agen Western Union, maka layanan ini cocok untuk kamu. Namun, jika penerima ingin menerima uang secara langsung ke rekening bank mereka, mungkin perlu mempertimbangkan alternatif lain.

Transfer Melalui Bank

Bank dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengirim uang ke luar negeri, terutama jika transaksi dilakukan dalam mata uang US$ ke berbagai negara. Jika ingin melakukan transfer uang melalui bank, pengguna dapat mengunjungi bank pilihan mereka dan mengisi formulir yang diperlukan. Setelah formulir diserahkan kepada petugas terkait, transaksi akan diproses dalam beberapa hari. 

Kecepatan pengiriman akan tergantung pada proses yang diperlukan di negara tujuan dan bank yang dipilih. Biaya transfer yang dipatok oleh bank juga akan bervariasi tergantung pada bank yang dipilih, dan biaya ini cenderung berubah tergantung pada nominal uang yang dikirim ke luar negeri. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat