visitaaponce.com

Kemendagri Dorong Peningkatan Bisnis Produk Lokal

Kemendagri Dorong Peningkatan Bisnis Produk Lokal 
Kemendagri menggelar acara Indonesia Maju Expo dan Forum 2023, ajang memperkenalkan barang buatan Tanah Air untuk meningkatkan ekonomi.(Medcom/Candra)

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar acara Indonesia Maju Expo dan Forum 2023 dengan tema 'Bangga, Cinta, dan Pakai Produk Indonesia' mulai hari ini. Barang buatan Tanah Air wajib digaungkan untuk meningkatkan ekonomi.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini bagaimana kita bisa mendukung para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia," kata Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri Aang Witarsa Rofik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (1/6).

Kemendagri meyakini penguatan produk lokal bisa membuat Indonesia mandiri secara ekonomi. Lalu, kedaulatan secara politik juga diyakini menjadi lebih baik pada 2045.

Baca juga: Kolaborasi Kajian bersama BRIN, BSKDN Siap Jaring Isu Strategi Soal Pemda

"Sehingga, bagaimana juga kita bisa wujudkan cita-cita mulia, mewujudkan Indonesia yang menjadi negara maju di tahun 2045," ucap Aang.

Karenanya, kata Aang, sosialisasi penggunaan produk lokal ke masyarakat dinilai penting. Seruan 'bangga, cinta, dan pakai produk Indonesia' harus digaungkan.

Baca juga: Gelar Rakordal 2023, BNPP akan Maksimalkan Program Kerja Aplikatif di Perbatasan Negara

Aang juga menjelaskan alasan kegiatan itu dilakukan di TMII. Tempat wisata kebanggaan Indonesia itu dijadikan representasi dari semangat pemerintah daerah dan pusat agar menguatkan produk lokal.

"Mungkin ini menjadi PR besar bagaimana kita, pemerintah bisa memfasilitasi, bisa mengkoordinasikan sumbatan-sumbatan yang ada, bagaimana kita bisa mengkomunikasikan antara teman-teman di daerah dengan pengelola TMII," tegas Aang.

Pemerintah daerah diharap bekerja keras memasarkan produk lokal di wilayahnya masing-masing. Dia tidak mau acara ini cuma menjadi seremonial belaka.

"Bukan hanya berfokus pada acara seremonial dan pameran UMKM, tetapi kami merangkaikan dengan berbagai macam kegiatan yang ada di dalamnya," kata Aang.

Sejumlah duta besar dari negara tetangga juga menghadiri acara tersebut. Mereka diundang dengan tujuan mempromosikan produk Tanah Air. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat