visitaaponce.com

Festival IKM 2024 Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Klaten

Festival IKM 2024 Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Klaten
Klaten Gelar Festival IKM 2024, Tampilkan Produk Unggulan Delapan Klaster.(MI/Djoko Sardjono)

PEMERINTAH Kabupaten Klaten menggelar Festival IKM (Industri Kecil Menengah) 2024 di Alun-alun Klaten. Kegiatan festival ini dibuka Bupati Sri Mulyani, Kamis (4/7) malam.

Penyelenggaraan Festival IKM, 4-6 Juli 2024, adalah rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Klaten ke-220. Festival ini diikuti 80 IKM dari berbagai klaster unggulan di Klaten.

Pembukaan Festival IKM 2024 bertajuk Klaten Gumregah, dihadiri Forkopimda dan jajaran OPD, serta dimeriahkan pentas musik dengan menghadirkan bintang tamu Ngatmombilung.

Baca juga : Shopee Ungkap Tren Produk Lokal Favorit Paling Banyak Dicari di Seluruh Indonesia

Bupati Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Festival IKM merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah daerah untuk kemajuan IKM Klaten.

"Kegiatan Festival IKM 2024, bertujuan meningkatkan dan mengembangkan usaha industri ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi, serta memperluas lapangan kerja di Klaten," imbuhnya.

Produk unggulan IKM di Kabpaten Klaten meliputi delapan klaster, yaitu klaster batik, lurik, keramik, makanan olahan, logam, mebel, konveksi, dan klaster handycraft atau kerajinan.

Baca juga : Konsistensi Adaptif Ikuti Tren, Tas Produk Lokal Ini Mampu Kuasai Pasar

Menurut Sri Mulyani, Festival IKM Klaten 2024 dengan tema 'Sembada Nata Praja' itu digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Klaten ke-220 yang jatuh pada 28 Juli 2024.

"Sejalan dengan tema tersebut, kami mengajak masyarakat, stakeholder, dan instansi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperluas lapangan kerja di Klaten," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Klaten, Lusiana Rina Damayanti, melaporkan Festival IKM 2024 diikuti 80 pelaku usaha industri kecil menengah di Klaten.

"Melalui kegiatan festival ini, kami berharap potensi produk unggulan IKM Klaten yang tergabung dalam delapan klaster itu semakin dikenal di pasar domestik maupun internasional," katanya. (P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat