visitaaponce.com

Rekrutmen CPNS tak Berdampak Signifikan pada APBN Tahun Ini

Rekrutmen CPNS tak Berdampak Signifikan pada APBN Tahun Ini
Sejumlah CPNS yang diyatakan lulus mengucapkan sumpah jabatan menjadi PNS saat upacara pelantikan PNS di Serang, Banten.(ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman )

DIREKTUR Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menuturkan, rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang kuotanya direncanakan menembus 1 juta posisi tak akan memberi dampak signifikan terhadap APBN tahun ini.

"Proses rekrutmen cukup panjang. Kemungkinan kebutuhan tambahan anggaran untuk gaji dan tunjangan baru mulai Oktober atau bahkan November, seharusnya tidak terlalu besar (anggaran yang dibutuhkan)," ujarnya kepada Media Indonesia, Senin (12/6).

Isa enggan memerinci kebutuhan anggaran yang akan digunakan dari rekrutmen CPNS tersebut. Ia juga tak menjawab perihal jaminan atau kepastian dari pemerintah mengenai ketersediaan maupun sumber anggaran tersebut.

Baca juga: Rekrutmen 1 Juta CPNS Jelang Pemilu Jadi Strategi Politik Rezim

Namun dia menuturkan, dalam beberapa tahun terakhir, peserta yang lolos rekrutmen CPNS selalu tak berhasil mencapai kuota yang tersedia. Isa berharap situasinya akan berbeda tahun ini.

Sebab, sebagian besar kuota CPNS tersebut diperuntukkan pada profesi guru dan tenaga kesehatan.

Baca juga: September 2023, Pemerintah Berencana Buka Rekrutmen 1 Juta PNS

"Kita membutuhkan orang dengan kompetensi yang cukup untuk kedua posisi ini," pungkas dia.

Diketahui sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS dengan total kuota 1.030.751 untuk tahun ini.

"Yang terakhir kami juga menyampaikan terkait dengan rencana rekrutmen ASN di 2023 ini. Masih ada beberapa instansi dengan surat yang sudah kita kirim tetapi mereka belum juga mengirim usulan untuk formasi CPNS di 2023 dan total yang akan kita rekrut sementara ada 1.030.000 orang di 2023," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/6). (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat