visitaaponce.com

Pemerintah Bujuk AS Bangun Pabrik Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia

Pemerintah Bujuk AS Bangun Pabrik Pengujian Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI Bahlil Lahadalia(MI / Ramdani)

MENTERI Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjajaki kerja sama dengan perusahaan asal Amerika Serikat, Underwriters Laboratories (UL) Solutions untuk berinvestasi membangun pengujian pabrik baterai kendaraan listrik atau electric vehicle/EV di Tanah Air.

Hal ini disampaikan Bahlil saat bertemu Presiden Internasional UL Solutions Todd Denison, di Kantor Pusat UL Solutions Illinois, Amerika Serikat pada Senin pagi waktu setempat (26/6). UL Solutions merupakan perusahaan global di bidang sertifikasi dan pengujian produk perangkat lunak.

Pemerintah Indonesia, ungkap Bahlil, tengah berupaya mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang mengedepankan keamanan bagi penggunanya.

Baca juga : Beam Mobility Kerja Sama dengan Tiga Kawasan Residensial dalam Sebulan

"Kami berharap dapat menjalin kolaborasi dengan UL Solutions untuk menciptakan ekosistem kendaran listrik yang mengedepankan keselamatan bagi pengendaranya," ujar Bahlil dalam keterangan resminya, Rabu (28/6).

Baca juga : Polusi Jakarta Memburuk, Heru Budi Sarankan Warga Beralih ke Kendaraan Listrik

Bahlil mengeklaim saat ini minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik semakin tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat ke depannya. Sehingga dibutuhkan baterai kendaraan listrik yang berkualitas baik.

Ia menambahkan Kementerian Investasi/BKPM mendorong terciptanya ekosistem baterai kendaraan listrik dengan memberikan kemudahan izin usaha bagi investor yang berminat untuk berinvestasi pada ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Pertemuan tersebut diharapkan Bahlil dapat berbuah manis dengan bisa berlanjut ke tahap yang lebih serius untuk membahas komitmen kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan UL Solutions.

Dalam kesempatan yang sama, Todd Denison menyambut baik rencana kolaborasi yang ditawarkan Pemerintah Indonesia. Ia melihat potensi pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang menjanjikan seperti halnya di Amerika Serikat dengan komitmen penggunaan energi bersih.

"Kami menyambut baik peluang kerja sama ini,” ungkapnya.

Selama 128 tahun, Todd mengaku UL Solutions mendukung keamanan atas inovasi baru seperti halnya teknologi baterai kendaraan listrik. Di Asia, perusahaanya baru mendirikan fasilitas pengujian baterai EV di Tiongkok.

"Kami akan mengkaji lebih dalam potensi pendirian titik pengujian baterai di Indonesia," pungkasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat