visitaaponce.com

Bank Dunia Ketimpangan akan Memperparah Kemiskinan

Bank Dunia: Ketimpangan akan Memperparah Kemiskinan
Grafis Proporsi populasi dunia yang hidup dengan kurang dari US$2,15 per hari, berdasarkan data dari 2015-2019, dan proyeksi untuk 2020-2030(Cléa PÉCULIER and Jan MROZINSKI / AFP)

Kepala Bank Dunia Ajay Banga mengingatkan meningkatnya kesenjangan antara negara kaya dan miskin berisiko memperparah kemiskinan di negara berkembang. Hal itu ia sampaikan pada pertemuan menteri keuangan G20 di India, Selasa (18/7).

Menurutnya banyak negara masih belum pulih dari pukulan pandemi covid-19 dan dampak dari perang Rusia di Ukraina, yang memengaruhi harga bahan bakar dan komoditas global. Selain itu, kata dia, perubahan iklim juga berdampak kepada beberapa negara termiskin yang paling rentan.

Dalam pertemuan dua hari yang dihadiri para menteri keuangan dan kepala bank sentral di Gandhinagar, negara bagian Gujarat, India itu, Banga mengatakan "Frustrasi negara-negara Selatan (negara-negara berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Latin) dapat dimengerti. Dalam banyak hal mereka ikut menyumbang untuk kemakmuran kita."

Apa yang disampaikan pria AS kelahiran India itu maksudnya adalah komitmen bantuan dana yang dijanjikan negara-negara barat kepada mitranya di Asia dan Afrika, untuk membantu mengatasi perubahan iklim.

"Mereka khawatir sumber daya yang dijanjikan akan dialihkan ke rekonstruksi Ukraina. Mereka merasa aturan energi ini tidak diterapkan secara merata, dan mereka khawatir cengkeraman kemiskinan akan semakin berdampak pada generasi berikutnya."

Bank Dunia mengatakan sedang bekerja untuk meningkatkan kemampuan keuangannya, termasuk dengan meningkatkan modal hibrida dari pemegang saham perusahaan multilateral, untuk memacu pertumbuhan dan pekerjaan di negara-negara berkembang.

Lembaga itu mengatakan ekonomi masa depan tidak dapat mengandalkan ekspansi dengan mengorbankan lingkungan. "Sederhananya adalah kita tidak dapat menunda untuk mencegah peningkatan emisi yang mengancam kehidupan kita,” tegasnya.

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman, mengingatkan para pemimpin dunia tentang tanggung jawab mereka untuk mengarahkan ekonomi global menuju pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif.

Delegasi Amerika Serikat mengatakan upaya untuk mereformasi pemberi pinjaman multilateral seperti Bank Dunia dan lembaga regional lainnya dapat menghasilkan US$200 miliar selama dekade berikutnya.

Restrukturisasi Utang

Dalam pertemuan itu, pembicaraan mengenai restrukturisasi utang untuk negara-negara berpenghasilan rendah juga menjadi salah satu fokus pembahasan, tetapi para pejabat mengatakan hanya ada sedikit kemajuan mengenai hal itu.

“Tiongkok, negara ekonomi terbesar kedua di dunia dan pemberi pinjaman utama ke beberapa negara berpendapatan rendah di Asia dan Afrika, sejauh ini menolak formula restrukturisasi utang,“ kata para pejabat.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan lebih dari setengah dari semua negara berpenghasilan rendah terancam gagal melunasi utang luar negeri mereka, yang jumlahnya meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2015.

Yellen mengatakan kesepakatan tentang utang Zambia terlalu lama untuk dinegosiasikan, tetapi dia berharap restrukturisasi utang untuk Ghana dan Sri Lanka dapat diselesaikan dengan cepat.

Pada acara itu, Menteri Keuangan Tiongkok dan India juga bertemu secara terpisah namun mereka menolak berkomentar hasil pertemuan tersebut. (AFP/M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat