visitaaponce.com

Omni Channel Pengertian, Manfaat dan Fitur

Omni Channel : Pengertian, Manfaat dan Fitur 
SaaS Omnichannel social commerce platform SleekFlow resmi hadir di Indonesia.(Ist)

PERKEMBANGAN teknologi yang memasuki ranah digital membuat perubahan dalam bisnis. Salah satunya adalah dengan pemasaran online, di mana pengembang berusaha memudahkan pekerjaan marketing untuk memasarkan produk secara digital.

Strategi telah dikembangkan dengan tujuan untuk memahami perilaku konsumen ketika dihadapkan pada pilihan yang berbeda.

Nah, salah satu strateginya adalah omnichannel marketing. Suatu strategi yang dianggap mampu meningkatkan penjualan suatu barang atau produk. 

Sejalan dengan tujuan strategi omnichannel, yaitu memberikan pengalaman yang konsisten dan komprehensif kepada pelanggan di semua saluran baik saluran online maupun offline 

Pengertian Omnichannel

Omnichannel adalah dua suku kata. Omnis yang berarti segalanya atau alam semesta, channel yang berarti saluran. Oleh karena itu, omnichannel merupakan saluran komunikasi yang bersifat global dengan menggabungkan saluran informasi yang berbeda ke dalam satu jenis antarmuka (interface). 

Baca juga: Omnichannel E-commerce Integrasikan Marketplace agar Lebih Praktis

Omnichannel dapat didefinisikan sebagai pendekatan pemasaran multi-channel yang bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada semua pelanggan. Atau saat pelanggan membeli secara online dari laptop, perangkat seluler, atau membeli langsung dari toko fisik. 

Cara Kerja omnichannel

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan omnichannel, sangat penting untuk mengetahui solusi omnichannel dalam meningkatkan bisnis.

Sebagai contoh seseorang menjual pakaian menjual pakaian melalui Instagram, yang dihubungkan dengan platform atau website. Nah pelanggan bisa membeli pakaian tersebut bisa melalui website toko online tersebut.

Pada website tersebut pembeli bisa mengetahui secara detail produk pakaian yang diinginkannya. Termasuk deskripsi produk yang tersedia di toko. Dengan sistem omnichannel maka pembeli langsung bisa transaksi, sedangkan bagi penjual bisa langsung mengetahui produk mana yang akan dibeli.

Baca juga: Omnichannel Jadi Solusi Ritel Masa Depan Pascapandemi

Termasuk diantaranya adalah mencatat seluruh aktivitas pembeli saat mengunjungi toko online hingga memutuskan untuk membeli suatu produk. Dalam hal ini, strategi omnichannel akan mengumpulkan data dan perilaku pelanggan untuk pemilik bisnis.

Pentingnya omnichannel untuk bisnis 

Sistem omnichannel memang tidak terlepas dari perkembangan bisnis online yang semakin pesat. Saluran omni banyak digunakan dalam bisnis karena menawarkan banyak manfaat. Oleh karena itu, omnichannel merupakan strategi bisnis yang cocok diterapkan oleh para pengusaha di era modern ini. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa omnichannel penting untuk bisnis.

1. Terkoneksi berbagai saluran 

Omnichannel adalah strategi yang menghubungkan berbagai channel atau saluran pemasaran dan bisnis. Offline dan online, semua saluran akan terhubung ke saluran pusat.

Ini memudahkan pemilik bisnis untuk melihat inventaris, melakukan survei, dan memantau total penjualan. Melalui integrasi saluran sentral, pemilik usaha dapat meningkatkan produktivitas usahanya.

2. Dapatkan data dan buat rencana khusus 

Peningkatan produktivitas karena adanya omnichannel adalah pembuatan rencana atau strategi pemasaran tertentu. Berbagai strategi dapat dibuat berdasarkan data yang dikumpulkan dari semua saluran pemasaran. 

Baca juga: Bidik Konsumen Lebih Luas, Toko Ritel Offline Tawarkan Belanja Online

Dengan data tersebut, nasabah dapat mengetahui karakteristik dan perilaku nasabah pada saat bertransaksi. Dengan mengetahui karakteristik pelanggan, pengusaha dapat membuat kampanye dan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan. 

3. Berikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan 

Omnichannel akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua pelanggan. Selain itu, sistem ini memungkinkan perusahaan untuk membuat saluran atau tautan melalui toko offline dan online.

Banyaknya keuntungan yang ditawarkan sistem omnichannel akan membuat pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan. 

4. Hasilkan trafik dan penjualan 

Satu studi menemukan bahwa penjualan toko online akan meningkat 15%-30% setelah menerapkan strategi omnichannel.

Studi lain juga menunjukkan bahwa pelanggan lebih cenderung mengunjungi toko offline setelah menerima informasi online dari sebuah situs web. Tentunya, omnichannel akan meningkatkan jumlah pengunjung toko offline kamu. 

5. Meningkatkan loyalitas pelanggan 

Pemasaran omnichannel akan memberi pelanggan pengalaman yang konsisten di semua platform. Tidak hanya itu, paket bisnis ini juga menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan. Pendekatan ini, tentu saja, akan meningkatkan pengalaman konsumen. Hal ini akan berdampak pada terjaganya kepercayaan pelanggan.

6. Meningkatkan branding

Strategi omnichannel memberi penekanan kuat pada konversi di seluruh platform. Ini memastikan bahwa semua pelanggan akan melihat pesan merek dengan cara yang sama di semua perangkat dan platform. 

Konsistensi ini akan membantu meningkatkan brand recall bagi pelanggan. Dengan memberikan rasa brand recall yang kuat, maka akan meningkatkan pembelian bagi seluruh konsumen.

Tips melakukan omnichannel marketing

Omnichannel memberikan kemudahan bagi pebisnis dalam berbisnis. Namun, ini tidak berarti bahwa metode ini tidak memerlukan metode yang benar untuk pengoperasiannya. Nah berikut tips dalam mengatur strategi pemasaran omnichannel:

1. Kenali pelanggan 

Kunci untuk menerapkan strategi omnichannel adalah memahami perilaku pelanggan. Dalam hal ini, kamu dapat menganalisis pengalaman yang dimiliki pelanggan saat menelusuri, membeli, dan terhubung dengan produk kamu. 

Untuk memahami pelanggan, ,maka kamu  dapat menguji pengalaman mereka dengan berinteraksi dengan semua platform yang tersedia, perilaku mereka saat memesan, mengirimkan kasus dukungan, dan berbagai metode pengujian lainnya. 

Baca juga: Dukung Bisnis Brand Lokal, Hypefast Buka Toko Offline

Jika memungkinkan, kamu juga dapat melakukan tes internal dan eksternal. Berdasarkan hasil pengujian, kamu akan mendapatkan banyak wawasan terkait pengalaman pelanggan. Adakah pelanggan yang memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan?

Slekflow merupakan salah satu pengembang teknologi yang menyediakan fitur omnichannel yang mampu membantu meningkatkan penjualan barang atau produk dalam perusahaan, selain membuat pekerjaan menjadi lebih efektif. 

 2. Jadikan pengalaman pelanggan sebagai prioritas 

Setiap bisnis harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada pelanggan. Ini juga berlaku untuk strategi pemasaran omnichannel. Pahami saluran yang paling sering digunakan pelanggan. 

Idealnya, buat rencana mendetail tentang bagaimana kamu akan memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Pastikan untuk memberikan layanan dan rencana yang memberikan solusi dan kualitas kepada semua pelanggan. 

Dengan memberikan layanan yang baik maka pelanggan mendapatkan pengalaman yang positif, pelanggan akan merasa nyaman dan tertarik untuk mengunjungi bisnis kamu kembali. 

3. Segmentasikan pelanggan 

Setelah menganalisis data, akan lebih mudah bagi kamu untuk melakukan segmentasi pelanggan. Cobalah untuk membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok berdasarkan pola perilaku umum.

Tujuan bagian ini adalah untuk membantu kamu  memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap jenis pelanggan. Dengan menyediakan perjalanan pelanggan yang dipersonalisasi, pelanggan akan memiliki pengalaman yang berbeda dan lebih menyenangkan.

4. Konfigurasi semua platform yang digunakan 

Perlu diketahui bahwa personalisasi sangat penting dalam pemasaran omnichannel. Ini penting karena personalisasi akan membuat pelanggan kamu merasa dihargai. Kesuksesan pribadi mengharuskan kamu untuk menciptakan hubungan 1:1 dengan setiap klien.
 
Dengan alat otomatis, sumber data yang akurat, dan analitik, maka kamu dapat mengirimkan konten yang dipersonalisasi kepada pelanggan atau pelanggan. Faktanya, ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan pendapatan, membangun loyalitas merek, dan membuat konversi di seluruh platform.

Itulah beberapa penjelasan terkait omni channel terkait manfaat dan tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat