visitaaponce.com

Penuhi Kebutuhan Keramik Dalam Negeri, SPS Corporate Bangun Pabrik Granit di Subang

Penuhi Kebutuhan Keramik Dalam Negeri, SPS Corporate Bangun Pabrik Granit di Subang
Groimdbreaking pembangunan pabrik granit SPS di Subang(Dok. SPS Corporate)

KEBUTUHAN granit diIndonesia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan sektor properti di Indonesia. Kebutuhan itu mayoritas masih terpenuhi dari impor.

Menjawab kebutuhan granit yang meningkat, PT Superior Porcelain Sukses (SPS) membangun pabrik di Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan kapasitas 14 juta meter persegi pertahun. Groundbreaking pabrik tersebut dilakukan Jumat (21/7).

Pabrik yang berlokasi di Kadawung, Paburan, Subang itu memiliki luas bangunan 81.000 m2. Berdiri di atas tanah 22 hektar. Ditargetkan pabrik tersebut bakal beroperasi pada semester 2 tahun 2024.

Baca juga : Punya 20 Fasilitas Internasional, Serenity Central City Batam Bidik Pasar Konsumen Asing 

Kehadiran pabrik granit tersebut juga diharapkan bisa menyerap tenaga kerja lokal. Sebab kebutuhan tenaga kerja di pabrik tersebut nantinya lebih dari 600 orang.

Granite tile yang diproduksi PT Superior Porcelain Sukses nantinya merupakan produk kedua SPS Corporate di bidang material bangunan. Sebelumnya SPS Corporated sukses menjalankan industri bata ringan yang cukup terkenal di Indonesia, Blesscon.

Baca juga : Sukses Bisnis Properti, Pengusaha Muda Ini Rambah Sektor Telekomunikasi

“Kami berharap perusahaan ini bisa menjadi Top 3 di bidang industri granite tiles. Mengikuti jejak company lain di SPS Corporate,” kata Hendra Widodo, Direktur Produksi PT Superior Porcelain Sukses.

Granit yang diproduksi PT Superior Porcelain Sukses ini nanti berjenis homogeneous tiles dan porcelain tiles. Masing-masing kapasitas produksinya 7 juta m2 per tahunnya. Jadi total pertahunnya bisa memproduksi 14 juta m2.

Homogeneous tiles punya karakter lebih padat, keras, dan sedikit pori-pori sehingga lebih tahan lembab dan anti noda

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyambut baik pembangunan pabrik granit PT SPS. Ketua Bidang Keramik dan Ubin Asaki, Andrea Petrina, mengatakan pembangunan pabrik granit PT SPS itu bisa membawa efek pengganda (multiplier effect) terhadap perekonomian Indonesia.

“Investasi ini juga bagian dari komitmen industrik kermaik nasional terhadap dukungan pemerintah memberi yang telah memberikan harga gas khusus,” kata Andrea yang hadir dalam acara ground breaking.

Investasi PT SPS itu lanjut Andrea, juga mendukung program pemerintah akan subtitusi impor. 

“Seperti kita tahu homogeneous tiles impor telah membanjiri Indonesia. Semoga portofolio import nantinya bisa dialihkan ke produk SPS setelah pabrik ini sudah produksi. Apalagi kapasitas produksinya untuk homogeneous tiles ini sangat besar,” ujarnya.

PT Superior Porcelain Sukses memilih membuka pabrik di Subang karena beberapa faktor. Pertama soal kedekatan dengan akses gas. Selama ini biaya produksi keramik 30 persennya berasal dari komponen biaya energi (gas). Selain itu, bahan baku lain seperti clay dan feldspar juga bisa didapat tak jauh dari Subang.

Pabrik baru di Subang itu sebenarnya merupakan plant pertama PT Superior Porcelain Sukses. Saat ini mereka menyiapkan plan-plan membangun pabrik di lokasi lain, dalam waktu dekat. Hal itu selama ini kerapkali dilakukan perusahaan lain, yang menjadi bagian SPS Corporate. (Z-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat