visitaaponce.com

CPOPC Dorong Generasi Muda Terlibat Aktif di Sektor Kelapa Sawit

CPOPC Dorong Generasi Muda Terlibat Aktif di Sektor Kelapa Sawit
Ilustrasi pekerja sedang memanen kelapa sawit.(MI/Ramdani)

Dewan Negara-negara Penghasil Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/CPOPC) peluncuran Young Elaeis Ambassadors atau Duta Muda Kelapa Sawit di Jakarta, Sabtu (12/8).

Sekretaris Jenderal CPOPC Rizal Affandi Lukman mengungkapkan program tersebut dimaksudkan untuk melibatkan generasi muda negara-negara produsen dalam pengembangan minyak sawit. Mereka diharapkan memahami betapa pentingnya komoditas dan industri tersbeut bagi kehidupan manusia.

Rizal menyebut, saat ini, banyak petani kecil di Indonesia dan Malaysia khawatir terkait regenerasi. Mereka melihat generasi muda sekarang kurang berminat untuk melanjutkan jejak para pendahulu sebagai petani kelapa sawit.

Baca juga: DPR: Perlu Dukungan Legislasi untuk Pertahankan Industri Kelapa Sawit

“Padahal untuk terus dapat memenuhi permintaan sawit yang tinggi, potensi dan kreativitas anak muda sangat dibutuhkan. Namun, hal itu tidak dapat terwujud tanpa adanya kemauan untuk terlibat aktif dalam industri tersebut,” tegas Rizal.

Dalam pandangan Pejabat Senior dari masing-masing negara anggota CPOPC, generasi muda memiliki peran penting dalam membentuk masa depan dunia yang berkelanjutan.

Baca juga: Relawan Wong Kito Dewe Gelar Pelatihan Pembibitan Sawit di Musi Banyuasin

Sekretaris Jenderal, Kementerian Perkebunan dan Komoditas Malaysia Mad Zaidi Bin Mohd Karli menyatakan, komitmen terhadap produksi yang bertanggung jawab, perlindungan lingkungan, dan kesejahteraan sosial telah menjadikan palem sebagai contoh utama bagaimana komoditas dapat dibudidayakan untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan planet ini.

Ia pun menganggap program Duta Muda Elaeis di Hari Pemuda Internasional menjadi penekanan betapa seriusnya negara-negara prodsuen dalam mendorong perubahan dan mempromosikan keberlanjutan di dunia saat ini.

Deputi Koordinasi Bidang Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perekonomian RI Musdhalifah Machmud mengungkapkan kontribusi kelapa sawit sebagai bagian dari kebutuhan pangan dan energi akan menjadi sangat penting di masa depan.
Mereka adalah garda terdepan dalam menyampaikan informasi terkait komoditas sawit sesuai fakta akan sangat menentukan masa depan sawit nasional.

“Oleh karena itu, peran generasi milenial sangat dibutuhkan. Kita perlu memiliki keberlanjutan dari hulu ke hilir dan meningkatkan harmonisasi people, profit, dan planet,” tuturnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat