visitaaponce.com

Tumpahan Minyak CPO di Sungai Cempaga Mengganggu Aktivitas Warga

Tumpahan Minyak CPO di Sungai Cempaga Mengganggu Aktivitas Warga
Tumpahan minyak di Sungai Cempaga(MetroTV/Akhmad Dian Noor)

SEBUAH video yang viral di media sosial pada hari Sabtu (27/4) menunjukkan tumpahan minyak mentah, terutama Crude Palm Oil (CPO), yang mengapung di Sungai Cempaga, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Dampaknya dirasakan oleh warga di tiga desa yang berada di sepanjang sungai tersebut.

Warga di Desa Keruing, Desa Sudan, dan Desa Parit merasa khawatir dengan kehadiran minyak mentah di sungai mereka, karena hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Beberapa warga yang tetap mandi di sungai mengalami rasa gatal di kulit sebagai dampaknya.

Mendengar laporan dari warga, kepala desa setempat melakukan investigasi dan menemukan bahwa tumpahan minyak berasal dari sebuah tongkang yang kandas dan miring di perkebunan kelapa sawit. Air sungai yang surut menyebabkan minyak keluar dari tongkang dan mengalir ke sungai pada hari Sabtu (27/07) dan Minggu (28/04).

Baca juga : CPO Dominasi Komoditas Ekspor dari Pelabuhan Teluk Bayur

Pihak perusahaan dan warga desa bersatu untuk membersihkan minyak yang masih mengapung di sungai. Petugas dari perangkat desa dan kecamatan terlibat dalam pemantauan langsung kondisi air di tiga desa yang terkena dampak.

Menurut Camat Cempaka Hulu, Gusti Mukafi, tongkang yang kandas menyebabkan sebagian minyak tumpah dan larut ke dalam sungai, mempengaruhi tiga desa yang terkena dampak.

Saat ini, air sungai sudah tidak lagi terlihat tercemar oleh minyak CPO karena upaya bersama pihak perusahaan dan warga desa untuk membersihkan tumpahan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat