visitaaponce.com

Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 Turut Bahas Potensi Energi Hidrogen

Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 Turut Bahas Potensi Energi Hidrogen
Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023(Dok. Shan Hai Map)

HIDROGEN merupakan sebuah unsur kimia yang paling melimpah di alam semesta, tetapi tidak dapat ditemukan dalam bentuk murninya di muka bumi. Hidrogen dapat diperoleh dari berbagai sumber, termasuk air, gas alam serta biomassa.

Pemanfaatan hidrogen akan turut dibahas dalam ajang Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 yang digelar PT Shan Hai Map di Jakarta, 13-14 November mendatang. 

Ketua Panitia Indonesia Renewable Energy Summit 2023, Lina mengatakan, energi hidrogen adalah energi yang dihasilkan dari reaksi antara hidrogen dan oksigen. Reaksi ini akan menghasilkan air dan panas.

Baca juga : Peserta KTT ASEAN Bakal Gunakan Kendaraan Listrik Ini

Energi hidrogen lanjut Lina memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sumber energi lain, yaitu, sumber energi baru terbarukan yang tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca; bahan bakar yang sangat efisien dan dapat disimpan dalam jumlah besar; dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk transportasi, pembangkit listrik dan industri.

Namun demikian masih menurut Lina, energi hidrogen juga memiliki beberapa kelemahan, yaitu bahan bakar yang sangat mudah terbakar dan eksplosif; masih relatif mahal untuk diproduksi; dan nfrastruktur untuk mendukung penggunaan energi hidrogen masih belum berkembang pesat.

Baca juga : Nusa Penida Perlu Tambahan Listrik Menuju 100 persen EBT

"Meskipun memiliki beberapa kelemahan, energi hidrogen yang juga akan dibahas dalam "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" karena memiliki potensi untuk menjadi bahan bakar masa depan. Energi hidrogen dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil," ujar Lina dalam keterangannya.

Lina mengungkapkan beberapa cara untuk meningkatkan pengembangan energi hidrogen, yaitu meningkatkan efisiensi produksi hidrogen, menurunkan biaya produksi hidrogen dan mengembangkan infrastruktur untuk mendukung penggunaan energi hidrogen.

"Dengan meningkatkan pengembangan energi hidrogen, kita dapat menjadikan energi hidrogen sebagai bahan bakar masa depan yang bersih, aman dan terjangkau. Istilah ini tidak akan jauh dari istilah energi terbarukan, dikarenakan energi hidrogen merupakan suatu inovasi sumber energi untuk energi terbarukan di masa depan," ujarnya.

MPT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim. Hal itu jadi salah satu tujuan utama penyelenggaraan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023".

Pada event itu, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran energi baru terbarukan di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang tersebut. 

Sehingga tidak hanya memajukan perekonomian Indonesia, namun juga berharap dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan akibat eksplorasi. (Z-5

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat