visitaaponce.com

Aliri Listrik ke 55 Ribu Rumah, PLTP Lumut Muara Enim akan Beroperasi 2024

Aliri Listrik ke 55 Ribu Rumah, PLTP Lumut Muara Enim akan Beroperasi 2024
Teknisi memeriksa saluran uap air panas dari separator di Pembangkit listrik tenaga panas bumi(Antara)

DIREKTUR Utama Pertamina Geothermal Energy (PGE) Julfi Hadi menjelaskan proyek Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai Unit 2 yang berlokasi Desa Penindaian, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, ditargetkan beroperasi di 2024. PLTP tersebut memiliki kapasitas terpasang sebesar 55 megawatt (MW).

“Nantinya PLTP ini akan mampu menyuplai listrik untuk 55.000 rumah tangga di Sumatera Selatan," ujarnya dalam keterangan resmi saat di acara ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) 2023, Selasa (5/9).

Baca juga : PLTP Unit 5 PGE Kamojang Raih ASEAN Energy Awards

Proyek pengembangan infrastruktur hijau ini merupakan kerja sama antara Indonesia, Jepang dan Tiongkok dengan menggandeng perusahaan Mitsubishi Corporation dari Jepang, SEPCO III Electric Power Construction Co., Ltd. dari Tiongkok dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dari BUMN Indonesia.

Baca juga : PLTP Bisa Jadi Prioritas Gantikan Energi  Fosil untuk Capai Target Nol Emisi Karbon

"Proyek pengembangan panas bumi Lumut Balai Unit 2 ini merupakan perluasan dari Lumut Balai Unit 1 yang juga berkapasitas 55 MW,” kata Julfi.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa PGE memiliki pengalaman dalam mengembangkan energi panas bumi di Indonesia dengan telah memiliki kapasitas terpasang sebesar 670 MW dan tengah memasang target untuk meningkatkan kapasitas PLTP menjadi satu GW di Tanah Air.

“Proyek ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional untuk mendukung target satu GW yang akan dicapai dalam rentang waktu dua tahun,” ucap Julfi.

Selain itu, proyek tersebut bertujuan memitigasi risiko perubahan iklim dan mendukung Indonesia mencapai 23% bauran jaringan listrik nasional dari sumber terbarukan pada 2025 dengan memiliki potensi menurunkan emisi sebesar 581.784 ton karbon dioksida ekuivalen (tCO2eq) per tahun. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat