visitaaponce.com

Pedagang Diminta tidak Jual Beras SPHP di Marketplace

Pedagang Diminta tidak Jual Beras SPHP di Marketplace
Ilustrasi: beras di Bulog Surabaya(MI/Heri Susetyo. )

KEPALA Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk membicarakan terkait penyelewengan penjualan beras operasi pasar yang bernama Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) di toko online (daring) atau marketplace.

"Nanti kita akan takedown. Kita juga akan berbicara dengan Menteri Perdagangan," kata Arief saat melakukan peninjauan di LotteMart Wholesale Pasar Rebo, Jakarta, Jumat (8/9).

Menurut Arief, wewenang untuk mengatur penjualan produk di toko online atau marketplace berada di Kementerian Perdagangan. Oleh karena itu, pihaknya akan segera membahas persoalan tersebut dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca juga: Harga Beras Bulog Alami Kenaikan Menjadi Rp54.500 per 5 Kg

Arief menegaskan, untuk beras SPHP yang dijual dengan harga Rp 10.900 per kg dan dikemas pada kemasan 5 kg seharga Rp 54.500 tersebut hanya untuk dijual di pedagang pengecer dan agen resmi di pasar tradisional maupun di ritel modern.

Selain itu, Arief juga mengaku bahwa pihaknya melalui Perum Bulog tidak pernah memperdagangkan beras SPHP tersebut di media sosial, kecuali di platform resmi milik Perum Bulog.

Baca juga: Bulog dan Bapanas Pastikan Stok Beras di Grosir-Grosir Tersedia

"Target beras SPHP tersebut hanya untuk masyarakat menengah ke bawah dan hanya dijual di pasar-pasar tradisional maupun ritel modern. Kita akan batasi pembeliannya 2-3 pax per orang, ini dilakukan agar semuanya kebagian," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso meminta para pedagang yang menjual beras SPHP di marketplace, untuk segera menghapusnya. Dalam hal ini, pihaknya juga akan meminta bantuan ke Satgas Pangan untuk menelusuri dugaan penyelewengan penjualan beras SPHP dengan harga melebihi batas atas tersebut.

“Nanti akan ada dari satgas pangan. Kalau ada penyimpangan pasti akan ditelusuri," ujarnya.

Lebih lanjut, berdasarkan pantauan Media Indonesia, terdapat toko online yang menjual beras SPHP kemasan 5 kg di marketplace Shopee dengan harga Rp 67.890. Toko tersebut berlokasi di Bekasi, Jawa Barat dan telah menjual sebanyak 250 kemasan SPHP.

Kemudian, terdapat juga toko online yang menjual beras SPHP kemasan 5 kg di marketplace Shopee dengan harga Rp65.000. Toko tersebut berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat dan telah menjual sebanyak 699 kemasan SPHP. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat