visitaaponce.com

3 BUMN bakal Disuntik PMN Rp28,6 Triliun

3 BUMN bakal Disuntik PMN Rp28,6 Triliun
Kantor Kementerian BUMN(Antara)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp28,16 triliun bakal dialokasikan kepada tiga BUMN yaitu Hutama Karya, Indonesia Financial Group dan Wijaya Karya. PMN tersebut diberikan setelah pihaknya berkonsultasi dengan Badan Anggaran DPR. 

"Hasil diskusi kami dengan Badan Anggaran DPR, PMN definitif yang akan diberikan kepada BUMN senilai Rp28,16 triliun dengan pembagiannya ke Hutama Karya, Indonesia Financial Group dan Wijaya Karya," ujar Erick dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (14/9).

Secara rinci, ia menyebut Hutama Karya (HK) akan memperoleh PMN sebesar Rp18,6 triliun. Dana sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap 1 dan penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol ruas Kayu Agung Palembang-Betung, serta Bogor-Ciawi-Sukabumi.

Baca juga: Pemberian PMN Dinilai Masih Asal-Asalan

Kemudian, Indonesia Financial Group (IFG) akan mendapatkan Rp3,56 triliun yang akan digunakan untuk penyelesaian penyelamatan pemegang polis Jiwasraya.

Sementara, Wijaya Karya (Wika) menerima Rp6 triliun untuk penguatan dalam menunjang kebutuhan modal kerja untuk Proyek Strategis Nasional.

Baca juga: Evaluasi Penyertaan Modal Negara, DPR Dorong Perum Bulog Jadi BLU

Di luar itu, Erick mengungkapkan masih terdapat PMN cadangan investasi sebesar Rp12,8 triliun yang ditujukan kepada BUMN-BUMN lainnya. Namun, ia memastikan bahwa penyalurannya akan didiskusikan terlebih dahulu bersama dengan Kementerian Keuangan dan Komisi VI DPR RI.

Adapun, PMN cadangan itu ditujukan kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebesar Rp2 triliun, Indonesia Re sebesar Rp1 triliun, PT Pelni sebesar Rp3 triliun, PT INKA sebesar Rp1 triliun, PT PLN sebesar Rp5,86 triliun, dan ID Food sebesar Rp832 miliar.

"Ini yang sementara diskusi terakhir. Mudah-mudahan disetujui, tetapi mekanismenya memang seperti ini yang ditawarkan," jelasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat