visitaaponce.com

Komitmen ESG, CKB Logistics Terus Berinovasi Bangun Bisnis Berkelanjutan

Komitmen ESG, CKB Logistics Terus Berinovasi Bangun Bisnis Berkelanjutan
CKB Logistics mengembangkan solusi end to end bagi kebutuhan pelanggan dengan memperluas pengiriman dan memprioritaskan standar keselamatan.(Ist)

ASOSIASI Logistik Indonesia (ALI) memprediksi tahun ini sektor logistik tumbuh 5%-8%. Ini diperkuat Indonesia Economic Forum bahwa pendapatan pasar logistik Indonesia terus meningkat hingga 2024.

Pendapatan logistik Indonesia tembus US$220,9 miliar pada 2022 dan diprediksi mencapai US$300,3 miliar pada 2024.

Baca juga: Penerapan ESG Makin Diakui Dunia, BRI Raih 2 Penghargaan Internasional The Asset Triple A

Berkaca dari itu, PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) mengoptimalkan bisnis dengan semangat Connecting the Nation sebagai langkah perusahaan dalam meningkatkan penyebaran logistik hingga pelosok daerah.

Dalam bisnisnya, anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) ini mengembangkan solusi end to end yang mengacu pada kebutuhan pelanggan dengan memperluas pengiriman dan memprioritaskan standar keselamatan.

“Portofolio layanan CKB Logistics yang luas memungkinkan pengembangan solusi end to end yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan pelanggan."

"Ini jadi nilai tambah dan pembeda bagi bisnis CKB Logistics yang menyediakan layanan logistik terintegrasi seperti project logistics, site management services, warehouse management, layanan kargo darat, laut dan udara, manajemen kepelabuhan hingga pusat logistik berikat (PLB),” ujar Direktur Utama CKB Logistics Iman Sjafei, dalam siaran persnya, Kamis (21/9).

Baca juga: Garudafood Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

Dalam unit bisnis CKB Logistics, kata Iman, perusahaan turut melakukan transformasi digital dengan mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Ini bertujuan memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen, efisiensi biaya, hingga menghadapi persaingan sektor logistik yang kompetitif.

"Melalui digitalisasi, perusahaan berhasil meningkatkan layanannya kepada konsumen dan operasional dalam rantai pasok. CKB Logistics bertekad jadi perusahaan agile dan beradaptasi di segala kondisi."

Untuk mendukung pemerintah menuju net zero emission (NZE), perusahaan ikut mengembangkan program environmental, social, and governance (ESG). 

Komitmen ini dibuktikan dalam kegiatan sosial antara lain, BUNDA PAS (Peduli Asupan Sehat), CSR Mangrove, hingga CSR Empowerment Guru dan sukarelawan di sekolah anak berkebutuhan khusus.

"Perusahaan percaya ESG jadi langkah awal untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan," kata Iman.

Baca juga: Implementasi ESG, Bagian Strategi BRI Life Terapkan Bisnis Berkelanjutan

Berbicara ESG di perusahaan, CKB Logistics menerapkan atap skylight di area gudang, electric forklift, peremajaan armada dengan standar Euro 4, penggunaan biodiesel, instalasi penampungan air hujan untuk operasional warehouse serta pemisahaan sampah B3 dan non B3 yang bekerja sama dengan pengangkut limbah B3 dan Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian, untuk menjaga kelestarian lingkungan, CKB Logistics aktif mengurangi emisi dengan target 2% persen setiap tahun. 
Perusahaan pun melakukan penanaman mangrove berkelanjutan di Surabaya, Jatim, guna mewujudkan Indonesia menuju nol emisi karbon (NZE).

“Berkat program itu, kini CKB Logistics berhasil menanam 6.000 bibit mangrove sejak 2022. Kami percaya ESG jadi hal mulia untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dan keberlanjutan lingkungan,” tambah Iman.

Sampai pertengahan 2023, CKB Logistics sudah membuka gudang baru di enam kota yakni, Banjarmasin (Kalsel), Sangatta (Kaltim), Muara Enim (Sumsel), Palembang (Sumsel), Meulaboh (Aceh), dan Benete (NTB). (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat