visitaaponce.com

BPK RI Terpilih sebagai Ketua Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia 2028-2031

BPK RI Terpilih sebagai Ketua Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia 2028-2031
BPK RI terpilih sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Sedunia (INTOSAI) 2028-2031 dalam pertemuan di Busan, Korea Selatan.(Ist)

PERTEMUAN ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia atau Governing Board Asian Organization of Supreme Audit Institutions (GB ASOSAI) memutuskan bahwa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sebagai tuan rumah Konferensi Internasional Lembaga Pemeriksa Sedunia atau International Conference of Supreme Audit Institutions (INCOSAI) pada 2028, yang merupakan periode regional Asia. 

Tuan rumah INCOSAI dimaksud menandai Keketuaan BPK RI pada Organisasi Lembaga Pemeriksa Sedunia atau International Organization of Supreme Audit Institutions (INTOSAI) 2028–2031.

Hasil Pertemuan ke-59 GB ASOSAI tersebut akan disahkan pada ASOSAI Assembly ke-16 di India pada 2024 mendatang. Keketuaan BPK RI pada organisasi lembaga pemeriksa sedunia itu merupakan yang pertama kali sejak INTOSAI didirikan 1953.

"Pada 2025, BPK RI juga akan ditetapkan sebagai Wakil Ketua I INTOSAI 2025-2028 (tiga tahun sebelum keketuaan)," demikian keterangan resmi BPK RI, Senin (25/9).


Baca juga: Jamin Bisnis Asuransi Berkelanjutan, IFRS-17 Jadi Sorotan IFG International Conference 2023


Dalam pertemuan di Busan, Korea Selatan itu, Ketua BPK RI Isma Yatun yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal Bahtiar Arif juga menyampaikan laporan progres pelaksanaan research project on remote audit dan menyampaikan kegiatan organisasi lembaga pemeriksa negara-negara anggota ASEAN (ASEANSAI).

INTOSAI merupakan organisasi lembaga pemeriksa negara-negara sedunia yang bersifat otonom, independen, dan non-politis yang bertujuan mendorong tata kelola sektor publik dengan memperkuat peranan lembaga pemeriksa untuk membantu meningkatkan kinerja pemerintah yang transparan, akuntabel dan kredibel serta memberikan manfaat bagi publik di negara masing–masing.

Saat ini, INTOSAI memiliki 195 anggota penuh (full member), 5 anggota rekanan (associate member), dan 2 anggota terafiliasi (affiliate member). BPK RI menjadi anggota penuh INTOSAI sejak 1968. Keketuaan 2022-2025 saat ini dipegang oleh regional Amerika (SAI Brazil), dan
Keketuaan 2025-2028 oleh regional Afrika (SAI Mesir). (RO/I-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat