visitaaponce.com

Resmi Beroperasi 2 Oktober, Ada Diskon Tiket Kereta Cepat Whoosh

Resmi Beroperasi 2 Oktober, Ada Diskon Tiket Kereta Cepat Whoosh
Kereta Cepat Jakarta Bandung(AFP)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ada diskon tiket harga Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) saat dikenalkan langsung atau soft launching ke masyarakat.

Luhut mengatakan pengumuman diskon tiket kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu akan disampaikan Presiden Joko Widodo saat meresmikan pengoperasian atau commercial operation date (COD) kereta Whoosh pada, Senin (2/10).

Dalam satu rangkaian kereta (trainset) Whoosh terdiri dari delapan kereta dengan panjang 208 meter yang memiliki tiga kelas pelayanan yaitu first class di kereta 1 & 8, business class di kereta 7, dan sisanya adalah premium ekonomi. Total, ada 601 kursi penumpang dalam satu rangkaian kereta. Sebelum ada rencana pemberian diskon kereta cepat, untuk kelas termurah atau ekonomi akan dipatok sekitar Rp250 ribu hingga Rp350 ribu.

Baca juga : Presiden akan Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'Woosh' 1 Oktober

"Tanggal 2 Oktober presiden akan melakukan soft launching. Kami secara bertahap memberikan diskon untuk karcisnya. Tapi, nanti ada waktunya kembali normal," kata Luhut di Gedung Sopo Del Tower, Kamis (28/9).

Baca juga : Presiden: Semua Transportasi Publik Harus Terintegrasi Satu Sama Lain

Menko Marves menuturkan pemberian diskon tiket itu ditujukan untuk menarik minat masyarakat untuk naik transportasi umum relasi Jakarta-Bandung. Plus, upaya pemerintah mengenalkan adanya integrasi antar moda transportasi, yakni antara kereta cepat dengan kereta ringan atau LRT Jabodebek, kereta feeder dan transportasi publik lainnya.

"Presiden memerintahkan kita harus mengintegrasikan sistem transportasi, sehingga nanti akan ada satu karcis untuk naik ke semua jurusan perjalanan," ucap Luhut.

Ia menambahkan, sejumlah pejabat dan pimpinan lembaga dunia akan hadir dalam peresmian COD kereta Whoosh. Pemerintah Indonesia, katanya, juga telah mengundang Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menjajal transportasi baru tersebut. Namun, belum diketahui pasti kapan kedatangan orang nomor satu di Tiongkok itu.

"Launchingnya akan dilakukan bersama presiden X Jinping pada waktunya," pungkasnya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat