visitaaponce.com

Tarif Terjauh Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipatok Rp300 Ribuan

Tarif Terjauh Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipatok Rp300 Ribuan
KCJB akan beroperasi komersial pada Oktober 2023.(KCIC)

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil membocorkan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebesar Rp300 ribuan untuk jarak terjauh dari Stasiun Halim, Jakarta hingga Stasiun Tegalluar, Bandung.

KCJB akan beroperasi komersial pada Oktober 2023. Selama dua bulan yakni Agustus dan September, masyarakat bisa naik kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu secara gratis.

"Tarifnya di angka Rp300 ribuan. Iya sampai Oktober uji cobanya," kata Ridwan di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (24/6).

KCJB akan terbagi tiga kelas yakni ekonomi, bisnis dan eksekutif. Kereta cepat akan melayani 68 kali perjalanan kereta dalam sehari dengan mengangkut 600 orang dalam satu kali perjalanan.

Ridwan menerangkan tiket gratis KJCB akan dibagikan secara terbatas dengan mendaftar terlebih dahulu selama masa uji coba. Masyarakat sekitar stasiun KCJB akan diprioritaskan untuk menjajal moda transportasi tersebut.

"Ada ticket war, tapi didahulukan masyarakat yang berada terdekat dengan jalur kereta. Kan mereka terdampak tanahnya. Mekanisme detail sedang diatur," jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Direktur Jenderal Perkeretaapi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal M Wasal membenarkan tiket KCJB akan dipatok Rp300 ribuan.

Pengujian KCJB telah dilakukan hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 km per jam.

"Iya benar tarifnya segitu," singkatnya kepada wartawan. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat