visitaaponce.com

FSC, Tikamoon, Hafele Promosikan Furnitur Berkelanjutan lewat Kompetisi

FSC, Tikamoon, Hafele Promosikan Furnitur Berkelanjutan lewat Kompetisi
FSC, Tikamoon, dan Hafele bekerja sama mempromosikan furnitur berkelanjutan kepada seluruh desainer melalui program yang bertajuk ISFDC.(Dokpri.)

FOREST Stewardship Council (FSC), Tikamoon, dan Hafele bekerja sama mempromosikan furnitur berkelanjutan kepada seluruh desainer di Indonesia serta meningkatkan kembali peminatan furnitur berkelanjutan kepada masyarakat melalui program yang bertajuk Indonesian Sustainable Furniture Design Competition (ISFDC).

ISFDC merupakan kesempatan bagi desainer profesional untuk dapat meningkatkan perannya dalam hutan berkelanjutan dengan membuat serta menciptakan desain furnitur yang menggunakan material dari sumber berkelanjutan sehingga para pengelola hutan, baik dari petani hutan di pelosok desa hingga pelosok hutan, dapat terbantu dengan desain menarik selera konsumen, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

FSC merupakan organisasi internasional nonprofit yang mempromosikan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab. Tikamoon ialah perusahaan terkemuka di Eropa dalam industri furnitur kayu rakitan lengkap yang menggunakan 80% bahan bakunya diambil dari kayu solid. Hafele ialah perusahaan produsen dan pemasok perlengkapan funitur serta perangkat keras arsitektur internasional terkemuka dengan pelanggan lebih dari 150 negara.

Baca juga: Indonesia Amankan Pasar Ekspor Singkong ke Inggris

"Pendaftaran ISFDC 2023 mulai dibuka sejak hari ini hingga 31 November 2023. Pengumuman pemenangnya akan disampaikan pada 2024. Waktu dan tempat akan ditentukan kemudian," ujar Hartono Prabowo, Technical Director FSC Indonesia, di BSD Tangerang Selatan. 

Kriteria ISFDC 2023 antara lain kayu solid FSC, tanpa komposit, hardware Hafele, knock up furniture, dan finishing non-toxic. Pendaftaran ISFDC terbuka untuk umum, baik kalangan mahasiswa, desainer profesional, praktisi UMKM pada industri mebel, maupun lainnya. Peserta dapat mendaftarkan dirinya secara perseorangan maupun kelompok dengan maksimal 5 orang. Pendaftar hanya diperbolehkan mengirimkan satu hasil karya berupa set atau collection (minimal tiga macam). Hasil karya orisinal bukan plagiat serta karyanya belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi atau diperjualbelikan sebelumnya. Para peserta lomba akan memperebutkan hadiah total Rp49 juta. 

Baca juga: Airlangga Hartarto : Reforma Agraria Ungkit Pemulihan Ekonomi Nasional

Country Director Tikamoon Julien Malaisé Menyampaikan dengan menyelenggarakan kompetisi desain berkelanjutan di Indonesia, pihaknya berupaya mempromosikan konsep ramah lingkungan di pasar furnitur Indonesia dan, pada saat yang sama, menemukan desain furnitur inovatif dan ramah lingkungan yang mencerminkan dedikasi perusahaan terhadap pengerjaan yang etis dan sadar lingkungan. Managing Director Hafele David Lorenzo menambahkan dengan pengalaman 100 tahun di dunia interior dan furnitur serta bersertifikasi FSC, pihaknya ingin turut berkontribusi pada meningkatnya desain berkelanjutan yang dapat diciptakan oleh desainer Indonesia.

Di sisi lain, Ketua Umum Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) Ira Samri menambahkan berkelanjutan ialah sesuatu yang tidak terhindarkan dalam mendesain furnitur. Kompetisi ini memberikan kesempatan besar bagi desainer muda untuk menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan melalui karya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat