visitaaponce.com

Sambut Nataru, Pra Pemilu, Hingga Ramadan Idulfitri BI Siapkan Kecukupan Rupiah

Sambut Nataru, Pra Pemilu, Hingga Ramadan Idulfitri BI Siapkan Kecukupan Rupiah
Seorang petugas menata tumpukan uang kertas(MI / Usman Iskandar)

DEPUTI Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono mengatakan kebutuhan uang kemungkinan akan meningkat pada Natal dan Tahun Baru 2023. Sebab perayaannya akan bersamaan dengan pesta demokrasi jelang Pemilu.

Pemilu 2024 ini akan bareng tiga event lainnya. Jadi dalam 5 bulan terakhir ini nanti akan berbarengan dengan Nataru 2023, menjelang pemilu dan Ramadan Idul Fitri 2024.

Baca juga : Penyaluran Kredit Perbankan Tumbuh 8,99% pada Oktober 2023

"Dari sisi angka, kami sementara menghitungnya kebutuhan yang akan 6-8% dari normalnya," kata Doni pada konferensi pers hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI November 2023, Kamis (23/11).

Baca juga : Nominal Transaksi QRIS Tumbuh 186% per Oktober

BI sudah memperhitungkan dan menyiapkan kecukupan uang, berdasarkan kebijakan mereka. BI juga akan mengoptimalkan uang yang layak edar. Biasanya uang baru akan dipakai oleh konsumen yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023, serta Ramadan dan Idulfitri 2024.

"Kami juga sudah mulai melakukan distribusi/ front loading untuk 5 bulan ke depan supaya tidak crowded. Kami juga sudah berkoordinasi dengan perbankan untuk menyiapkan hal ini," kata Doni. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat