visitaaponce.com

Jelang Nataru, Pemerintah Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Jelang Nataru, Pemerintah Jamin Stok Bahan Pokok Aman
Ilustrasi. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) berbincang dengan pedagang saat meninjau harga bahan pokok di Pasar Cibinong, Jabar.(ANTARA/YULIUS SATRIA WIJAYA)

MENJELANG peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin stok barang kebutuhan pokok aman dan tersedia dengan harga terjangkau. Menjaga stok dan stabilitas harga bapok merupakan prioritas utama pemerintah. Kementerian Perdagangan berkomitmen akan terus memantau ke pasar di berbagai daerah agar perayaan Nataru bisa berlangsung dengan baik.

Hal ini disampaikan Zulkifli saat melakukan kunjungan ke Pasar Senen, Jakarta, pada Kamis, (30/11).

"Jelang Nataru, Kemendag terus turun ke lapangan, hari ini ke Pasar Senen, sebelumnya ke Gresik dan Bogor. Jelang Nataru pemerintah menjamin ketersediaan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau agar (perayaan) Nataru bisa berlangsung dengan baik," tegas Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam kunjungan tersebut, Mendag juga memantau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok. Berdasarkan pantauan di Pasar Senen, harga beras medium tercatat Rp13.000 per kg, beras premium Rp14.000 per kg, beras Bulog Rp10.900 per kg, gula pasir Rp17.000 per kg, minyak goreng curah Rp13.500 per liter, minyak goreng premium Rp19.000 per liter, dan Minyakita Rp15.000 per liter.

Baca juga:

Jelang Nataru, Waspada Titik Longsor Jalur Lintas Selatan Jabar

Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Stabil

Lalu, tepung terigu, Rp12.000 per kg, daging sapi Rp150.000 per kg, daging ayam ras Rp36.000 per kg, telur ayam ras Rp26.000 per kg, cabai merah keriting, Rp80.000 per kg, cabai merah besar Rp80.000 per kg, cabai rawit merah Rp110.000 per kg, bawang merah Rp40.000 per kg, dan bawang putih Rp45.000 per kg.

"Di Pasar Senen, telur harganya masih stabil di bawah harga acuan pemerintah. Harga daging ayam juga masih di bawah harga acuan pemerintah. Harga beras memang belum turun, tetapi ada pilihan masyarakat bisa membeli beras Bulog SPHP. Harga daging sapi juga stabil, tidak ada penurunan harga," jelas Zulkifli.

Untuk harga cabai, Mendag mengakui harga di Jakarta mengalami peningkatan harga karena harus didatangkan dari daerah lain.

"Diharapkan kalau kenaikan terlalu tinggi, Pemerintah Daerah bisa bertindak dengan membantu biaya pengiriman dari daerah menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) sehingga harga bisa turun kembali," tambahnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat