visitaaponce.com

Modernland Bukukan Pendapatan Sebesar Rp782,76 Miliar

Modernland Bukukan Pendapatan Sebesar Rp782,76 Miliar
Modernland Realty gelar public expose(Ist)

PT Modernland Realty Tbk (Modernland) berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp782,76 miliar. Pendapatan ini mengalami peningkatan sebesar Rp168,2 miliar atau 27,37% dibandingkan dengan periode yang sama (year-on-year) yakni sebesar Rp614,56 miliar. 

Meski demikian, Modernland merugi dengan mencatatkan laba bersih sekitar Rp63,33 miliar. Besaran inu menurun sebesar Rp297,84 miliar atau 127,01% bila dibandingkan dengan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp234,51 miliar. Penurunan ini disebabkan adanya pendapatan atas penebusan sebagian utang obligasi luar negeri pada periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini terungkap dalam acara Public Expose PT Modernland Realty Tbk. (“Perseroan”), di Modern Golf & Country Club, Kota Modern, Tangerang, Jum’at (8/12)

Sedangkan, Direktur Perseroan Fetrizal Bobby Heryunda menyampaikan, untuk segmen kinerja pemasaran dan prospek usaha, perseroan membukukan Marketing Sales sebesar Rp1 triliun hingga kuartal III-2023. Pencapaian ini merupakan 60% dari target penjualan non bulk-sales. Adapun segmen residensial membukukan Rp822,49 miliar, meningkat 141% year-on-year. 

Baca juga: Kembali Berprestasi, Modernland Realty Sabet 4 Penghargaan PIA 2023

“Kontribusi penjualan didominasi oleh Jakarta Garden City yang meluncurkan The Essence Alamanda & Zebrina pada Juli 2023,” ungkap Fetrizal dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (8/12). 

Selain itu, pada September 2023, Perseroan juga melakukan soft-launched super cluster, yaitu Great Britania di proyek Modernland Cilejit yang mendapatkan animo positif dari market, dimana new cluster ini memiliki desain façade yang berbeda dari cluster-cluster pendahulunya.

Baca juga: Modernland Realty Diganjar Penghargaan TOP Human Capital Awards 2023

Hingga kuartal III-2023, segmen industri membukukan Rp77 miliar, yaitu naik sebesar 145% dari kuartal sebelumnya. Peningkatan penjualan pada segmen industri didominasi oleh sektor F&B dan kimia. Selain itu, Perseroan tengah mempelajari dan berkomunikasi dengan beberapa Investor terkait peluang akan permintaan kebutuhan lahan logistik yang sedang diminati khususnya di wilayah timur Jakarta, dimana saat ini Perseroan memiliki lahan potensial di wilayah tersebut.
 
Pada segmen perhotelan, golf and country club serta segmentasi lainnya memberikan kontribusi marketing sales sebesar Rp109 miliar hingga kuartal III-2023, meningkat 15% dari kuartal sebelumnya. 

“Perusahaan optimis bahwa anak usaha Modern Golf and Country Club dapat tetap mempertahankan kinerja dan pelayanannya, begitu pula dengan kinerja dari hotel-hotel yang dikelola oleh Perseroan. Perseroan memandang optimis akan penjualan residensial khususnya rumah tapak di tahun 2024 dan kebutuhan akan lahan industrial dan logistik terutama di area koridor timur Jakarta. Terlebih dengan dukungan dari Pemerintah terkait dengan insentif pajak yang diharapkan akan mendorong permintaan di segmen residensial,” jelas dia.
 
Salah satu strategi yang dilakukan oleh Perseroan adalah dengan meluncurkan produk properti dengan berbagai segmen, melalui pengembangan new design dan konsep. Hal ini lebih mendekatkan produk-produk Perseroan dengan selera pasar yang berkembang saat ini dengan tetap mempertimbangkan kekuatan daya beli pasar.
 
Pada November lalu, Perseroan telah meluncurkan premium cluster yang berlokasi dekat dengan AEON mall di Site-A Jakarta Garden City yang bertajuk Vastu @Garden City diatas lahan seluas kurang lebih 7,5 ha terdiri dari 388 unit. Hunian di new cluster ini mengusung konsep Garden Cove yang ditawarkan dalam beberapa tipe mulai dari 2 lantai hingga 3 lantai dengan harga berkisar di Rp3,8 miliar hingga Rp5,7 miliar per unit.
 
Selain itu Perseroan juga meluncurkan super cluster di Modernland Cilejit, yaitu salah satu project Perseroan yang terletak di kabupaten Tangerang yang berlokasi nempel dengan stasiun kereta Cilejit. Super cluster ini bertajuk Great Britania yang menyasar keluarga muda ataupun generasi milenial yang ingin tinggal di perumahan berskala kota dengan harga yang terjangkau yaitu dibawah Rp1 miliar per unit.
 
Perseroan akan terus berinovasi dan meluncurkan produk-produk terbaru baik landed housing di Jakarta Garden City site A & C, maupun new shophouses yang tersebar diseluruh proyek Perseroan. Adapun Perseroan tengah berupaya pula untuk melakukan bulk-sales dengan aktif menjalin komunikasi dengan berbagai investor terkait dengan kerjasama ataupun penjualan cadangan lahan residensial maupun industrial.

Direktur Perseroan Dharma Mitra dalam pemaparannya menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2023 tetap tumbuh kuat sebesar 4,94% (yoy), meskipun sedikit melambat dari pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 5,17% (yoy). 

“Ke depan pertumbuhan ekonomi akan didukung oleh permintaan domestik, baik konsumsi swasta dan Pemerintah, maupun investasi. Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 tetap pada kisaran 4,5 - 5,3%,” tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat