visitaaponce.com

Insentif PPNDTP Dorong Penjualan Properti, Ciputra Group Percepat Serah Terima Unit

Insentif PPNDTP Dorong Penjualan Properti, Ciputra Group Percepat Serah Terima Unit
Pertumbuhan penjualan properti juga tercermin dari penyaluran kredit kepemilikan rumah/apartemen (KPA/KPA).(Dok Citra Garden Bintaro)

PENJUALAN rumah tapak terus meningkat setelah mendapatkan dorongan dari pemberian insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPNDTP) yang digelontorkan pemerintah sejak November 2023. 

Seperti diketahui, insentif PPNDTP diberikan pemerintah untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun dengan harga jual Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar. Penetapan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.120/2023 yang mulai berlaku pada 21 November 2023. 

Berdasarkan Pasal 7 PMK ini, PPNDTP terbagi atas dua periode. Untuk serah terima rumah periode 1 November 2023 hingga 30 Juni 2024, PPN ditanggung pemerintah sebesar 100% dari harga yang dibebankan kepada penjual.  Sementara untuk serah terima periode 1 Juli 2024 sampai dengan 31 Desember 2024, PPN ditanggung pemerintah sebesar 50% dari harga yang dibebankan pada penjual.

Baca juga : Raih Best of The Best Agent di One Smile Club Award 2024

Pertumbuhan penjualan properti juga tercermin dari penyaluran kredit kepemilikan rumah/apartemen (KPA/KPA). Data BI menunjukkan bahwa outstanding KPR dan KPR perbankan per Mei 2024 tercatat mencapai Rp 750,4 triliun atau tumbuh 14,3% secara tahunan atau year on year (YoY). Lajunya naik dari 14,2% pada bulan sebelumnya. Sedangkan pada Desember 2023, KPR baru tumbuh 12%. 

Sementara itu, perusahaan konsultan properti Jones Lang Lasalle (JLL) mencatat, sebanyak 80% dari total penjualan rumah di perumahan skala besar dengan luas di atas 200 hektare berada pada harga di bawah Rp2 miliar.

"Memang pasarnya di kisaran harga seperti itu. Kurang lebih 80% penjualan, harga rumahnya sampai dengan Rp2 miliar, dan sekitar 70% untuk rumah yang harganya sampai Rp1,2 miliar," jelas Head of Research Jones Lang Lasalle Indonesia Yunus Karim di Jakarta.

Baca juga : Pasca Pemilu, Pengembang Harus Agresif Manfaatkan PPN DTP di Pasar Properti

Insentif PPNDTP menjadi salah satu pemacu penjualan pengembang Ciputra Group. Pengembang ini terus mempercepat pembangunan produk-produk properti yang sedang dikembangkan agar memenuhi syarat untuk bisa menerima insentif tersebut. 

Percepatan pembangunan dilakukan Ciputra Group pada proyek terbarunya yakni Citra Garden Bintaro. Serah terima unit di proyek tersebut bisa dilakukan dengan cepat. 

Penjualan perdana klaster pertama proyek ini baru dilakukan pada 26 November 2023 dan groundbreaking digelar pada  Februari 2024. Namun, saat ini serah terima unit sudah mulai dilakukan. 

Baca juga : PPN DTP Dongkrak Penjualan Properti, Royal Tajur Siapkan 50 Unit Rumah

Hal ini menunjukkan komitmennya untuk melakukan serah terima unit rumah yang menggunakan fasilitas PPNDTP secara bertahap sesuai jadwal. “Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Citra Garden Bintaro terhadap kepuasan pelanggan,” kata  Dicky Rampengan, selaku Pimpinan Proyek Citra Garden Bintaro dalam keterangan resminya, Kamis (27/6).

Serah terima uni Citra Garden Bintaro digelar pada Rabu (25/6). Dicky juga mengapresiasi kontraktor, perbankan, konsumen, tim proyek dan seluruh pihak yang telah bekerja keras memastikan bahwa setiap detail pembangunan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

Ketepatan waktu ini tidak hanya menunjukkan profesionalisme CitraGarden Bintaro tetapi juga memperkuat kepercayaan pelanggan. Setiap unit rumah yang diserahkan telah melewati tahap total quality management yang ketat untuk memastikan bahwa semua aspek memenuhi standar dan sesuai spesifikasi.

Citra Garden Bintaro juga akan memastikan bahwa semua accesories tetap terjaga kualitasnya dengan tetap dalam keadaan terbungkus sehingga konsumen bisa merasakan rumah yang masih baru. Smart home system seperti smart door lock dan CCTV juga sudah terpasang. 

Tak hanya itu, sesuai dengan yang tertera di Perjanjian Jual Beli, Citra Garden Bintaro memberikan masa garansi untuk kebocoran dan fisik bangunan sehingga memberikan rasa tenang untuk konsumen. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat