visitaaponce.com

2024, Dividen BUMN Ditarget Rp85,4 Triliun

2024, Dividen BUMN Ditarget Rp85,4 Triliun
Logo BUMN(Antara)

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan setoran dividen BUMN di tahun depan sebesar Rp85,4 triliun. Jumlah ini lebih besar dibanding capaian setoran dividen BUMN per 12 Desember 2023 dengan nilai Rp81,5 triliun.

Ia meramalkan holding dan subholding perusahaan pelat merah akan terus menunjukkan kinerja yang positif ke depannya.

"Di tahun depan kita coba di angka Rp85,4 triliun. Artinya akan semakin banyak holding dan subholding yang memberikan kontribusi baik," ujar Erick saat konferensi pers di Kantor BUMN, Selasa (19/12).

Baca juga : Erick Thohir Sebut Penyelewengan Dapen BUMN Bisa Lebih dari Rp300 Miliar

Dengan target memberikan dividen yang besar ke negara, perusahaan-perusahaan BUMN dituntut berstatus sehat. Salah satunya melalui proses restrukturisasi. 

Erick mencontohkan seperti keberhasilan holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dan Garuda Indonesia dalam merestrukturisasi utang mempengaruhi kinerja BUMN secara umum.

"Seperti PTPN dan Garuda, mereka kan habis restrukturisasi tapi sudah mencetak konsolidasi laba," ucapnya.

Baca juga : Erick Thohir Targetkan Dividen Rp80,2 Triliun Pada 2024

Namun demikian, Erick memperkirakan laba perusahaan secara konsolidasi di tahun ini akan menurun dibanding capaian 2022. Laba BUMN di 2022 mencapai Rp254 triliun tanpa restrukturisasi yang sebesar Rp55,7 triliun.

"Karena ada restrukturisasi dan tekanan harga komoditas, total profit di tahun ini saya rasa tidak bisa apple to apple dengan sebelumnya," imbuh Menteri BUMN. (Z-4)
 

Baca juga : Transformasi BUMN Berbasis Harmoni Terbukti Beri Hasil Positif

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat