visitaaponce.com

Erick Thohir Targetkan Dividen Rp80,2 Triliun Pada 2024

Erick Thohir Targetkan Dividen Rp80,2 Triliun Pada 2024
Menteri BUMN Erick Thohir(ANTARA )

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan besaran dividen yang harus disetorkan perusahaan pelat merah ke negara mencapai Rp80,2 triliun dan tidak berubah pada tahun 2024.

Erick mengatakan, besaran target itu tentunya terdiri dari Rp26,5 dividen BUMN Tbk dan Rp53,7 triliun BUMN Non-Tbk.

"Kami tetap di Kementerian BUMN paling tidak berusaha menyamakan dividen yang kita berikan seperti tahun ini, sebenarnya walaupun cukup berat," ujar Erick dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (15/6).

Baca juga: InJourney Berencana Hapus WSBK dari Sirkuit Mandalika, Erick Thohir: Jika Memberatkan, Pasti Kita Negosiasi Ulang

Erick melanjutkan, target dividen itu dapat tercapai dengan potensi kinerja keuangan BUMN berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023, yakni pendapatan Rp3 ribu triliun, EBITDA (earning before interest, taxes, depreciation, and amortization) Rp600 triliun, dan net income Rp250 triliun.

Meski demikian, Erick mengatakan angka-angka itu belum pasti. Pasalnya saat ini masih pertengahan tahun. Apalagi, dividen BUMN bergantung pada Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Alasan InJourney Butuh Suntikan Modal Rp1,19 Triliun

Namun, ia memastikan akan tetap terus mendorong seluruh BUMN untuk sampai pada angka-angka yang sudah ditetapkan sebagai key performance indicator (KPI).

"Insyaallah kami sudah review dua Minggu ini kami masih confidence angka ini walaupun tentu kita bisa lihat berjalan enam bulan ke depan. Kalau situasi ekonomi global tentu makin menyulitkan, ya tapi hari ini kami masih lihat angka ini masih bisa," pungkasnya. (Fik/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat