visitaaponce.com

Vale Putuskan tidak Bagikan Dividen 2023

Vale Putuskan tidak Bagikan Dividen 2023
Empat kendaraan menumpahkan slag nikel di areal pembuangan milik PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.(ANTARA/JOJON)

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) memutuskan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) untuk menyetujui rencana kerja dan anggaran perusahaan 2023 tidak membagikan dividen untuk tahun buku 2023.

Melansir laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, laba bersih emiten pertambangan nikel di 2023 sebesar US$274,33 juta atau Rp4,4 triliun (kurs Rp16.296). Jumlah ini melonjak 36,89% dibandingkan 2022 yang sebesar US$ 200,40 juta

"Sesuai dengan rekomendasi direksi dan dewan komisaris, menyetujui tidak ada dividen yang dibayarkan kepada pemegang saham untuk tahun keuangan 2023," kata Presiden Direktur sekaligus Chief Executive Officer (CEO) PT Vale Indonesia Febriany Eddy saat konferensi pers, Jakarta, Senin (10/6).

Baca juga : Pemegang Saham Saratoga (SRTG) Setujui Pembagian Dividen Rp298,43 Miliar

Alasan tidak dibagikan dividen tahun buku 2023 karena mempertimbangkan untuk belanja modal proyek-proyek INCO yang sedang berjalan dan modal kerja perseroan di tahun-tahun mendatang. Febriany menjelaskan Vale tengah menyelesaikan proyek smelter nikel yakni Proyek Morowali, Pomalaa dan Sorowako. Total investasi ketiga proyek tersebut ditaksir mencapai US$9 miliar atau Rp146 triliun.

"Tiga proyek akan kita selesaikan tepat waktu, aman dan tepat biaya. Ini sebagai mandat pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai ekosistem kendaraan listrik," terangnya.

Febriany menambahkan target penyelesaian transaksi divestasi INCO akan rampung pada akhir bulan ini. Pemerintah Indonesia melalui BUMN Holding Industri Pertambangan Mining Industry Indonesia (Mind ID) resmi menguasai saham INCO dengan mengantongi 34% saham.

Vale Base Metals Limited (VBM) mengumumkan anak perusahaannya, Vale Canada Limited (VCL) telah menandatangani perjanjian awal atau head of agreement (HoA) dengan Mind ID dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) sehubungan dengan penyerahan 14% saham INCO dari VCL dan SMM ke Mind ID. Perjanjian ini disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama jajaran menteri terkait di sela Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2023 di San Francisco, Amerika Serikat, Jumat (17/11/2023). (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat