visitaaponce.com

Pakuwon Siapkan Capex Rp650 M untuk Bangun Superblok di IKN

Pakuwon Siapkan Capex Rp650 M untuk Bangun Superblok di IKN
IKN.(ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA)

DIREKTUR Pengembangan Bisnis PT Pakuwon Jati Tbk, Wong Boon Siew Ivy menuturkan pihaknya menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp650 miliar untuk pembangunan tahap pertama superblok di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Superblok Pakuwon merupakan kawasan integrasi atau mixed-use yang memiliki lahan seluas 7,2 hektare. Pakuwon akan membangun hotel bintang empat, pusat perbelanjaan dan terminal di Kawasan Sumbu Kebangsaan dan tepat di depan tugu Titik Nol IKN.

"Capex sebesar Rp650 miliar itu untuk seluruh pembangunan (superblok) tahap pertama. Kuartal III tahun ini kita mulai kontruksi tiang pancang," ujarnya usai public expose rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PWON di Jakarta, Rabu (12/6).

Baca juga : Presiden Resmikan Pembangunan Hotel dan Restoran di IKN

Ivy menjelaskan capex yang disiapkan itu dikucurkan secara bertahap sesuai kebutuhan pembangunan proyek superblok. Untuk tahun ini, modal yang akan dikeluarkan Pakuwon tidak dilakukan secara masif.

"Jadi bertahap tidak sekaligus, sesuai tahap pembangunan. Tahun ini saya rasa pengeluarannya untuk IKN tidak terlalu signifikan," imbuhnya.

Mengenai mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, tidak berdampak pada kelanjutan pembangunan proyek Pakuwon. Ini ditegaskan Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Alexander Stefanus Ridwan Suhendra.

Baca juga : Jokowi Apresiasi Pembangunan Hotel Bintang Tiga dan Restoran Pertama di IKN

PPihaknya mempercayakan keputusan Presiden Joko Widodo yang menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala OIKN.

"Pergantian pejabat Otorita IKN menurut saya tidak apa-apa. Apalagi yang diganti ada Pak Basuki. Beliau punya banyak pengalaman sekali tentang proyek-proyek pembangunan. Saya kira pembangunan kita di sana jalan terus," tegasnya.

Ridwan berharap dengan kepemimpinan sementara Basuki Hadimuljono di OIKN dapat memperlancar koordinasi pemerintah dengan investor untuk menyelesaikan proyek pembangunan di IKN. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat