visitaaponce.com

Terus Membengkak, Alokasi Anggaran Subsidi Energi Tembus Rp186,9 T

Terus Membengkak, Alokasi Anggaran Subsidi Energi Tembus Rp186,9 T
Kendaraan mengantri untuk isi BBM di SPBU(MI/Agung Wibowo)

PADA tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran untuk subsidi energi mencapai Rp186,9 triliun. Jumlah ini membengkak dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp159,6 trilun. Subsidi energi itu terdiri untuk penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite, solar, lalu subsidi elpiji 3 kilogram (kg) dan listrik.

Alokasi anggaran subsidi energi di tahun ini terbesar sepanjang masa pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak 2015.

"Ada demand (permintaan) yang tinggi di tahun ini," ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam konferensi pers Capaian Sektor ESDM 2023 di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (15/1).

Baca juga : Baru 0,3% Potensi Energi Terbarukan Dimanfaatkan, Indonesia bisa Jadi Pelopor Transisi Energi

Untuk tahun ini, alokasi anggaran yang disiapkan untuk BBM dan elpiji subsidi dipatok sebesar Rp113,3 trilun. Jumlah ini melonjak dibandingkan realisasi di 2023 yang sebesar Rp95,6 triliun. Untuk subsidi listrik, pemerintah menyediakan dana hingga Rp73,6 triliun, naik dibandingkan realisasi subsidi listrik di 2023 dengan Rp64 triliun.

Menteri ESDM menuturkan meski alokasi subsidi energi membengkak pada tahun ini, pemerintah tetap berupaya menekan realisasi subsidi energi. Caranya dengan terus menjalankan program BBM Subsidi Tepat Sasaran dengan pendaftaran melalui aplikasi MyPertamina.

Baca juga : Ekspor Batu Bara RI Moncer, Tembus 518 Juta Ton

Sementara, untuk pembatasan elpiji 3 kg, per Senin 1 Januari 2024, pembelian gas tabung melon hanya dapat dilakukan oleh pengguna tertentu yang sudah terdaftar di sub penyalur atau pangkalan resmi Pertamina.

"Harus ada upaya dari kita untuk mengoptimalkan subsidi energi dan lebih bagus bisa hemat. Makanya, BBM itu tepat sasaran, demikian juga elpiji. Sehingga, masyarakat yang berhak mendapatkan subsidi," pungkas Arifin. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat