visitaaponce.com

Tren Penjualan Wewangian Lokal Alami Lonjakan Hingga 13 Kali Lipat

Tren Penjualan Wewangian Lokal Alami Lonjakan Hingga 13 Kali Lipat
Penjualan wewangian lokal(MI/Lutfi Sheykal)

INDUSTRI wewangian lokal di Indonesia, termasuk parfum dan pengharum ruangan, terus menunjukkan perkembangan positif berkat keberadaan berbagai merek lokal. Bahkan, penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser, juga mengalami lonjakan lebih dari 13 kali lipat pada periode yang sama.

Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead di Tokopedia Stefanie Yuli menyampaikan, penjualan parfum di platform Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan dengan masa pandemi pada tahun 2020. Tokopedia merasa terdorong untuk terus bermitra dengan pihak strategis guna mendukung pelaku produk lokal, termasuk di sektor wewangian, melalui platform online.

“Di Tokopedia sendiri, penjualan produk parfum naik lebih dari 2 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu. Sedangkan untuk penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser di Tokopedia, mengalami kenaikan hingga lebih dari 13 kali lipat di periode yang sama. Hal ini mendorong Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk selalu mendukung pelaku usaha lokal, termasuk di industri wewangian, menciptakan peluang bisnis lewat platform online,” jelas Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli. Rabu (21/2).

Baca juga : 5 Cara Mendownload Video TikTok Tanpa Watermark di Android dan iPhone

Data internal TikTok, mencatat terjadi peningkatan yang signifikan dalam nilai transaksi produk parfum lokal di Shop | Tokopedia pada bulan Januari 2023, meningkat sebesar 100% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya. Data ini juga mencerminkan bahwa pembeli produk parfum lokal di Tokopedia memiliki latar belakang yang beragam, dengan jumlah pembeli laki-laki dan perempuan yang seimbang.

Potensi industri lokal wewangian di Indonesia memberikan kontribusi sebesar 3,83% terhadap industri kosmetik, termasuk parfum, terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal III tahun 2023. Indonesia memiliki sebanyak 40 jenis tanaman minyak atsiri atau essential oil dari total 99 jenis tanaman minyak atsiri yang diketahui tersedia di Indonesia.

Harbolnas 12.12

Dalam rangka mendukung pertumbuhan industri wewangian lokal, Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal pada 12.12 Harbolnas tahun sebelumnya. Melalui kampanye ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses produk wewangian lokal di Tokopedia dan Shop | Tokopedia melalui aplikasi TikTok.

“Melihat antusiasme tinggi masyarakat terhadap brand lokal kecantikan dan perawatan diri, Tokopedia juga rutin mengadakan kampanye Tokopedia Beauty yang memberikan promo diskon hingga 90%, rilisan produk eksklusif, flash sale dan bebas ongkir agar masyarakat dapat berbelanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan hemat, termasuk parfum,” tambah Stefanie.

Tokopedia juga menyediakan fasilitas untuk memperoleh produk rumah tangga, termasuk pengharum ruangan seperti reed diffuser, melalui kampanye Home Living Inspiration dengan berbagai penawaran promosi yang dapat menjadikan pengalaman berbelanja online menjadi lebih terjangkau. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat