visitaaponce.com

5 Tips Kelola THR dengan Bijak

5 Tips Kelola THR dengan Bijak
Ilustrasi THR.(ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

TUNJANGAN Hari Raya (THR) adalah hal yang sangat dinantikan bagi para pekerja. Tentu THR diinginkan tidak cepat habis dalam hitungan saja dan karenanya butuh strategi jitu untuk mengelolanya.

Data menunjukkan bahwa sebanyak 67% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan 1/4 dana THR mereka untuk pembelanjaan saat Ramadan kali ini. Angka tersebut meningkat 26% dari angka di Ramadan 2023 lalu.

Kebutuhan saat Idulfitri biasanya mendorong masyarakat untuk mengeluarkan dana lebih dari hari biasanya dengan mengandalkan THR Lebaran

Baca juga : Ini Tips Menghabiskan THR dengan Bijak

Agar THR tidak habis begitu saja, Tokopedia bersama Tiktok membagi lima cara mengelola dana THR dengan lebih bijak.

Berikut tips bijak mengelola THR.

1. Sisihkan dana untuk zakat fitrah

Selain membeli bahan baku hidangan khas untuk Idulfitri nanti, siapkan pula dana untuk bayar zakat fitrah. Tokopedia mengatakan mereka bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang melayani pembayaran zakat fitrah, seperti Baznas dan Dompet Dhuafa.

Baca juga : Ini Tips Agar Mudik Anda Aman dan Nyaman

2. Bagi-bagi THR dengan keluarga lewat gift card secara online

Setelah membayar zakat fitrah, sisihkan dana THR untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga. Selain memberikan ‘salam tempel’ atau uang tunai, Gift Card dari Tokopedia bisa jadi pilihan.

3. Beli baju Lebaran dari brand lokal

Baca juga : Ini Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Mengenakan baju baru saat Lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Agar pengeluaran THR tidak berlebihan, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran.

4. Kirim hampers Lebaran untuk kerabat di luar kota

Masyarakat tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran. Melalui Tokopedia, hampers bisa dikirimkan sebagai hadiah dengan filter yang ada.

5. Fokus ke persiapan mudik

Bagi yang merencanakan pulang kampung saat Lebaran, manfaatkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman. Pantau promo-promo eksklusif yang ditawarkan. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat