visitaaponce.com

Kolaborasi Tiktok dan Tokopedia Beri Dampak Positif bagi UMKM

Kolaborasi Tiktok dan Tokopedia Beri Dampak Positif bagi UMKM
Ilustrasi(MI/Ramdani)

Anggota Komisi VI DPR RI Eko Hendro Purnomo mengungkapkan kolaborasi TikTok Shop dengan Tokopedia telah memberi dampak positif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Pasalnya, pelaku UMKM lokal memiliki banyak kesempatan untuk menjajakan dagangan dan memperluas akses pasar serta meningkatkan potensi jumlah penjualan.

"Semakin banyak aplikasi, semakin bisa memberikan keuntungan kepada para UMKM. Jadi, sebaiknya kita fokus memperbanyak lapak UMKM dengan membantu perkembangan e-commerce," kata Eko melalui keterangan tertulis, Senin (1/4).

Saat ini, Tiktok menempati posisi tertinggi sebagai platform digital yang paling banyak diakses pengguna. Menurut laporan We Are Social, ada sekitar 106,5 juta pengguna Tiktok di Indonesia per November 2023. Itu menjadi yang terbanyak kedua setelah Amerika Serikat.

Baca juga : CIPS: Penguasaan Saham Tokopedia oleh TikTok Peluang bagi UMKM

Data tersebut sekaligus menunjukkan potensi platform Tiktok yang dapat dioptimalkan para pedagang untuk mempromosikan produk mereka. Pengguna aktif Tiktok merupakan target pasar yang riil.     

Melihat potensi yang sangat besar itu, Eko Patrio menyarankan semua pihak fokus membantu UMKM untuk menjadi kampiun, misalnya dengan memberikan edukasi UMKM untuk membuat konten kreatif atau mengemas jualan secara menarik.  

Selain itu, platform tersebut juga harus memprioritaskan produk-produk dalam negeri.

Baca juga : Migrasi Segera Tuntas, TikTok-Tokopedia Diharapkan Ungkit Daya Saing UMKM

Dengan mengutamajan produk lokal, kita ikut membantu meningkatkan kemandirian ekonomi negara dan ikut membantu menciptakan lapangan kerja di negeri sendiri. Ini bisa memberikan maslahat kepada para UMKM lokal. Dengan adanya migrasi tiktok ini kita berharap perniagaan di indonesia ini lebih bagus lagi," kata Eko.

Senada dengan Eko, Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah menyampaikan integrasi TikTok dan Tokopedia harus memberi manfaat akses dan perluasan pasar digital bagi pelaku UMKM Lokal.

Pasalnya, keberadaan pelaku UMKM memiliki peranan strategis dalam perekonomian nasional, diantaranya mengurangi tingkat kemiskinan melalui pembukaan lapangan kerja, meningkatkan pemerataan pendapatan melalui aktivitas-aktivitas usaha kecil baru.

"Ini kan salah satu upaya untuk bisa meredam produk-produk UMKM dari negara lain. Tugas kita bersama adalah membantu UMKM menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Mereka harus lebih kompetitif," ucap dia. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat