visitaaponce.com

Soal Makan Siang Gratis, Airlangga Sebut Anggarannya Rp15 Ribu per Anak

Soal Makan Siang Gratis, Airlangga Sebut Anggarannya Rp15 Ribu per Anak
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto(AFP)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan dana yang disiapkan oleh pemerintah untuk menjalankan program makan siang gratis ialah sebesar Rp15 ribu per anak. Namun mekanisme penggunaan anggaran itu akan dilepaskan ke setiap daerah.

"Per anak kira-kira Rp15 ribu. Apakah merata? Itu kan bisa dibuat macam-macam. Tahapannya Nanti akan masuk pembahasan," ujarnya saat ditemui oleh pewarta di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/2).

Namun Airlangga enggan memerinci berapa jumlah penerima program makan siang gratis di tahap pertama tahun depan. Ia juga belum bisa memastikan jenis makanan apa yang akan disediakan dalam program makan siang gratis tersebut.

Baca juga : Airlangga: Implementasi Makan Siang Gratis Bertahap

"Itu dilepaskan ke daerah masing-masing. Menyeragamkan, merata," kata dia.

Airlangga juga memastikan bahwa alokasi dana Rp15 ribu itu di luar dari pengadaan susu. Untuk susu, pemerintah akan mengalokasikan anggaran tersendiri dengan besaran yang berbeda.

Seagaimana diketahui, program makan siang gratis merupakan salah satu janji politik yang diberikan oleh pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024. Setidaknya Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran sempat menyatakan program tersebut akan menelan dana hingga Rp400 triliun untuk sekitar 80 juta anak.

Terkait program makan siang itu, pihak Prabowo-Gibran juga menyatakan bakal membentuk Kementerian anyar khusus untuk mengeksekusi program makan siang gratis tersebut. Namun Airlangga yang sekaligus Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran itu mengatakan belum ada kepastian terkait hal itu. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat