visitaaponce.com

Bapanas Upayakan Pengendalian Harga Pangan Saat Ramadan

Bapanas Upayakan Pengendalian Harga Pangan Saat Ramadan
Warga mendapatkan Beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ukuran 5 kilogram(MI/Ramdani)

PEMERINTAH akan berupaya menjaga kestabilan harga-harga bahan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024. Sebab, umumnya harga pangan dalam periode itu kerap mengalami lonjakan.

"Kita upayakan (pengendalian harga) sebaik mungkin. Termasuk koordinasi dengan Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, Private Sector. Juga pelaksanaan GPM atau Gerakan Pangan Murah di 514 Kabupaten Kota," ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi kepada Media Indonesia, Kamis (7/3).

Dia mengatakan, sejumlah harga bahan pokok akan mengalami penurunan pada Maret dan April seiring dengan masa panen atau faktor musiman. Harga beras, misalnya, baik yang medium dan premium akan mengalami penurunan sejalan banyaknya panen di Maret dan April.

Baca juga : Pj Gubernur DKI Heru Budi Klaim Sembako Murah Efektif Kendalikan Harga Pangan

Selain itu harga jagung pakan juga akan mengalami penurunan sejalan dengan panen yang sudah berlangsung dan diperkirakan sampai April 2024. Kemudian cabai rawit dan cabai keriting juga telah menunjukkan penurunan harga dibanding beberapa waktu lalu.

"Ada cabai merah besar yang naik akibat gagalnya panen kemarin dan baru akan membaik (harganya) di dua bulan ke depan," kata Arief.

Adapun berdasarkan pantauan di panel harga komoditas Bapanas, terlihat harga beberapa komoditas mengalami penurunan. Harga beras premium, misalnya, di tingkat pedagang eceran mengalami penurunan 0,06% menjadi Rp16.490 per kg.

Lalu harga beras medium turun 0,14% menjadi Rp14.320 per kg. Harga cabai merah keriting tercatat turun 0,11% menjadi Rp62.510 per kg. Sedangkan harga cabai rawit merah turun 0,10% menjadi Rp62.050 per kg.

Sementara itu harga bawang merah terpantau naik 0,41% menjadi Rp34.010 per kg. Harga bawang putih bonggol naik 0,46% menjadi Rp39.450 per kg. Kemudian harga daging ayam ras naik 0,82% menjadi Rp38.030 per kg. Harga telur ayam ras naik 0,22% menjadi Rp31.350 per kg. Kenaikan juga terjadi pada harga daging sapi murni sebesar 0,21% menjadi Rp134.660 per kg. (Mir/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat