visitaaponce.com

Siap-siap War Tiket Kapal Feri untuk Mudik Lebaran 2024 Hanya Bisa Dibeli Online

Siap-siap War! Tiket Kapal Feri untuk Mudik Lebaran 2024 Hanya Bisa Dibeli Online
Kapal feri berlayar di Selat Bali terlihat dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.(Dok. Antara)

PEMERINTAH memutuskan untuk hanya akan menjual tiket kapal feri untuk masa mudik Lebaran 2024 secara online. Hal itu untuk mencegah kekacauan dalam proses pembelian yang kerap terjadi jika tiket dijual secara langsung di pelabuhan.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Keputusan itu merupakan salah satu hal yang diambil dalam rapat koordinasi lintas sektoral soal kesiapan Operasi Ketupat 2024.

"Untuk sementara diputuskan tidak ada pelayanan pembelian tiket feri di luar online," kata Muhadjir di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 25 Maret 2024.

Baca juga : Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Muhadjir mengimbau masyarakat yang hendak mudik dengan kapal feri membeli tiket secara daring jauh-jauh hari. Pembelian bisa dilakukan melalui aplikasi Ferizy.

"Pemudik dengan sepeda motor mohon ikut mudik gratis," papar dia.

Muhadjir menyebut motor pemudik akan dibawa dengan kendaraan pengangkut barang. Sehingga masyarakat lebih aman di jalan dan bisa menggunakan motornya di daerah tujuan.

Baca juga : Mudik Lebih Awal, Jumlah Penumpang dari Pelabuhan Merak Naik 15%

Selain itu, Muhadjir menyampaikan pesan bagi pemudik secara umum. Masyarakat diimbau memastikan kondisi tubuh fit dan beristirahat dengan cukup.

"Lapor RT/RW (rukun tetangga/rukun warga) dan petugas keamanan setempat sebelum meninggalkan rumah," ujar dia.

Muhadjir menuturkan kondisi kendaraan juga mesti diperhatikan. Mulai dari bensin, ban, hingga rem dan tidak memastikan isi penumpang tidak melebihi batas.

Baca juga : Kemenhub Matangkan Pengoperasian Pelabuhan Ciwandan Jelang Mudik Lebaran

"Jangan berhenti dan parkir di bahu jalan tol karena banyak sekali kecelakaan akibat diseruduk dari belakang," jelas dia.

Terakhir, Muhadjir mengingatkan agar pengendar segera meninggalkan rest area setelah keperluannya sudah terpenuhi. Sebab, antrean menuju rest area diprediksi akan ramai.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat