visitaaponce.com

Rupiah Melemah Dinilai Untungkan Eksportir CPO

Rupiah Melemah Dinilai Untungkan Eksportir CPO
Pekerja memutar kran pipa CPO di Dermaga B Curah Cair Pelabuhan Pelindo Multi Terminal Branch Dumai, Riau, Jumat (22/3/2024).(Antara/Aswaddy Hamid)

KALANGAN pengamat ekonomi di Sumatra Utara (Sumut) meyakini para eksportir CPO di provinsinya menjadi salah satu pihak yang memperoleh keuntungan dari rupiah melemah. Hal itu karena penggunaan mata uang dolar AS dalam aktivitas transaksi di sektor tersebut.

"Rupiah melemah akan menguntungkan pengusaha eksportir karena pendapatannya dalam mata uang asing, umumnya US dollar," ungkap Gunawan Benjamin, pengamat ekonomi Sumut, Kamis (18/4). Menurut dia, pelemahan rupiah bagi ekonomi Sumut tidak semua menjadi kabar buruk. Sebagian kalangan usahawan justru diuntungkan atau bahkan menikmati pelemahan rupiah.

Mereka ialah para eksportir yang banyak menjual produk dari komoditas kelapa sawit, khususnya CPO. Rupiah yang melemah diyakini Gunawan akan menambah pundi-pundi keuntungan mereka.

Baca juga : Penguatan Dolar AS Diperkirakan Berlangsung Lama

Hal itu karena aktivitas transaksi eksportasi CPO menggunakan mata uang asing, terutama dolar AS. Namun Gunawan menilai keuntungan tidak terlalu besar karena rupiah melemah saat ini juga diikuti dengan penurunan harga CPO.

Dia mencatat harga CPO pada 5 April 2024 masih bertahan di kisaran 4.400 ringgit Malaysia per ton. Namun kemudian mendadak turun ke kisaran 4.003 ringgit per ton hingga saat ini. 

"Harga CPO anjlok sekitar 9% dalam kurun waktu 10 hari terakhir," ujarnya. Jika dibandingkan dengan persentase rupiah melemah yang hanya sekitar 2%, penurunan harga CPO masih jauh lebih besar.

Baca juga : Pekan Depan, Kurs Rupiah Diramalkan Melemah Tajam

Karena itu, dia meyakini pelemahan rupiah hanya memberi sedikit keuntungan bagi eksportir CPO. Kendati memang jika tanpa rupiah melemah, eksportir jelas akan dirugikan lebih dalam. Karena itu, meski rupiah melemah lebih banyak memberi dampak buruk bagi perekonomian Sumut, tetapi dia yakin kondisi ini disyukuri oleh sebagian masyarakat, khususnya eksportir CPO. 

Lebih jauh Gunawan menuturkan, pelemahan rupiah sejatinya sudah terlihat saat masih dalam suasana perayaan Lebaran. Data ekonomi AS yang mengalami pemulihan dinilainya justru mengindikasikan bahwa kebijakan penurunan bunga acuan akan kembali tertunda.

Dampaknya, dolar AS menjadi perkasa terhadap sejumlah mata uang di Asia, termasuk rupiah. Kinerja rupiah kian terpuruk setelah Iran menyerang Israel. Rupiah yang sebelum Lebaran masih ditransaksikan di kisaran 15.860 per dolar AS meroket hingga sempat menembus 16.200. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat