visitaaponce.com

Tren Pembayaran COD Meningkat, Apa Sih Keuntungannya

Tren Pembayaran COD Meningkat, Apa Sih Keuntungannya?
pembayaran metode COD jadi tren(Ilustrasi)

SEMAKIN maraknya fenomena social commerce, yang merupakan aktivitas belanja online melalui platform media sosial, menjadi sorotan di tengah masyarakat. Pertumbuhan yang signifikan dalam e-commerce menggiring perkembangan metode pembayaran Cash on Delivery (COD), yang kini menawarkan beragam opsi, termasuk layanan COD Ongkir yang memungkinkan pembayaran biaya pengiriman saat menerima barang.

Meskipun pola belanja online dan penetrasi digital terus meningkat, masih ada sejumlah besar masyarakat yang memilih untuk membayar secara tunai saat menerima barang yang dibeli secara online.

Menurut Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) Esther Sri Astuti metode pembayaran COD tetap menjadi pilihan populer di kalangan konsumen karena memberikan rasa keamanan yang tinggi dalam proses pembelian. Bagi sebagian besar konsumen, pembayaran COD memberikan jaminan keamanan karena pembayaran dilakukan setelah barang diterima oleh konsumen.

Baca juga : Garansi Bebas Pengembalian Shopee! Mudah dan Praktis untuk Mengembalikan Pesanan Jika Berubah Pikiran!

"Saat ini, preferensi terhadap metode pembayaran bervariasi di antara masyarakat. Meskipun kesadaran akan teknologi digital semakin meningkat, masih banyak yang memilih COD karena dianggap sebagai opsi yang lebih aman. Market COD tidak menunjukkan bahwa konsumen tidak mengerti teknologi digital, tetapi mereka membutuhkan rasa keamanan dalam proses pembayaran," ungkap Esther di Jakarta, pada Selasa (30/4).

Menurut Esther, masih ada segmen pasar yang cukup besar yang memilih untuk berbelanja online dengan menggunakan metode pembayaran COD, sehingga metode ini tetap relevan bagi pelaku bisnis online untuk tetap mengaktifkannya.

"Dari total populasi 280 juta penduduk di Indonesia, tidak semua memiliki pemahaman yang mendalam terhadap mekanisme belanja online yang aman, termasuk proses pembayaran. Oleh karena itu, metode pembayaran COD masih diperlukan," tambahnya.

Baca juga : INDEF: Program Pelatihan Kampus UMKM Shopee Paling Populer

Sebagai pelaku di belakang layar transaksi online, Lion Parcel merasa penting untuk menyediakan layanan COD, termasuk COD Ongkir, mengikuti pesatnya tren social commerce.

Menurut Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto, "Tren social commerce ini mendorong kami untuk terus mengembangkan layanan COD Ongkir. Dalam mekanismenya, pembeli akan membayar harga barang kepada penjual terlebih dahulu melalui platform social commerce, sementara biaya pengiriman akan dibayarkan kepada layanan ekspedisi saat menerima barang. Ini memberikan kenyamanan bagi penjual karena pembayaran barang sudah dilakukan di awal, dan juga memberikan rasa aman bagi pembeli karena mereka hanya membayar biaya pengiriman setelah menerima barang."

Kenny menambahkan bahwa layanan COD Ongkir membantu penjual online untuk fokus pada penjualan produk tanpa harus khawatir tentang logistik, termasuk perhitungan biaya pengiriman, proses pengiriman, dan pembayaran biaya pengiriman. Layanan ini juga memberikan kemudahan bagi pengirim di luar transaksi online dengan melemparkan tanggung jawab biaya pengiriman kepada penerima sesuai kesepakatan.

Baca juga : Mudah dan Praktis Bayar Pake COD, Ini Caranya

"Demand untuk COD Ongkir sangat tinggi. Sejak diluncurkan, layanan ini mendapat tanggapan positif dari pelanggan. Penggunaan COD Ongkir Lion Parcel terus meningkat setiap bulan, dan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan perusahaan. Pada tahun 2023, Lion Parcel mencatat peningkatan tonase pengiriman hingga 50%, dan kami berharap tahun 2024 dapat lebih baik lagi terutama dengan adanya COD Ongkir," jelas Kenny.

Dalam sistem COD Ongkir Lion Parcel juga menawarkan pembayaran menggunakan QRIS untuk memudahkan pelanggan. Berbeda dari layanan lainnya, pembayaran COD Lion Parcel menggunakan QRIS tanpa biaya tambahan.

"COD tidak hanya tentang masyarakat yang belum terbiasa dengan digital, tetapi juga tentang keamanan dan kemudahan. Itulah mengapa kami menyediakan QRIS. Lion Parcel dapat dianggap sebagai pelopor dalam layanan COD yang menggunakan QRIS," tandas Kenny. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat