visitaaponce.com

Shopee Dominasi Kepuasan Belanja Online

Shopee Dominasi Kepuasan Belanja Online
Ilustrasi e-commerce(Freepik)

Perusahaan riset pasar IPSOS telah mengumumkan hasil riset mereka yang berjudul Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce, yang mengungkapkan bahwa Shopee menempati posisi teratas dalam memberikan pengalaman belanja yang paling memuaskan.

Riset ini dimulai pada awal Juni dengan metode Online Panel, melibatkan responden yang rutin berbelanja online di berbagai e-commerce di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 62% responden merekomendasikan Shopee kepada kerabat, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

"Sejak hadirnya platform e-commerce, tren belanja online sebagai alternatif utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terus meningkat," ujar Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma belum lama ini secara virtual.

Baca juga : Laporan TikTok: Konsumen di Tanah Air Kian Prioritaskan Nilai dari pada Harga

Andi menambahkan bahwa popularitas belanja online yang terus meningkat membuat platform e-commerce harus menyesuaikan strategi mereka dan menghadirkan inovasi untuk memberikan pengalaman belanja yang memuaskan bagi pengguna dengan preferensi yang semakin beragam.

"Dengan riset IPSOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform mana yang berhasil unggul dalam hal kepuasan pengguna dan faktor apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut," jelasnya.

Strategi

Memberikan pengalaman berbelanja yang holistik dengan mengutamakan kepuasan konsumen menjadi daya tarik utama e-commerce. Berikut beberapa aspek yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen dalam berbelanja online:

Baca juga : Pentingnya Aspek Pelayanan pada Industri Logistik

  1. Ragam Metode Pembayaran Sebanyak 64 persen responden menilai Shopee memiliki pilihan metode pembayaran paling beragam, diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Salah satu metode pembayaran yang menarik perhatian adalah Cash on Delivery (COD), di mana Shopee mendominasi dengan 66%, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada (12 persen), serta TikTok Shop (10%).

  2. Toko Resmi Paling Beragam Shopee unggul dengan 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

  3. Harga Konsumen cenderung memilih e-commerce dengan harga termurah, dengan Shopee memimpin di angka 64%, Lazada (13%), Tokopedia (12 persen), dan TikTok Shop (11%). Keunggulan Shopee didukung oleh program Garansi Harga Termurah (GHT) yang dikenal oleh 74% responden.

    Baca juga : Sambut Festival Belanja 11.11, Lazada Kerja Sama dengan Pialang Asuransi BWT

  4. Ragam Pilihan Layanan Shopee dengan persentase 66% menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

  5. Fitur Interaktif Fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu konsumen dalam menentukan pilihan belanja. Shopee menyediakan layanan live streaming terbaik menurut 63% responden, diikuti oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

Andi Sukma menyatakan bahwa aspek-aspek yang diperhatikan konsumen saat mengukur tingkat kepuasan yang ditawarkan oleh platform belanja online mencerminkan dinamika dalam industri e-commerce saat ini, di mana platform e-commerce harus terus berinovasi untuk memenuhi ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi.

Baca juga : Survei : Sebagian Besar Masyarakat Indonesia Pilih Belanja Lewat E-commerce

Rasa Nyaman Berbelanja Online

Riset IPSOS juga menemukan beberapa aspek yang menjadikan Shopee terdepan dalam hal keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja yang memuaskan meliputi pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah.

Shopee unggul dalam hal kecepatan pengiriman dengan 60 persen, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13 persen), dan TikTok Shop (9%). Program Garansi Tepat Waktu dari Shopee dikenal oleh 71 persen responden.

Kebijakan pengembalian barang yang mudah juga penting dalam melengkapi pengalaman belanja holistik. Sebanyak 66 persen pengguna menyadari bahwa Shopee memiliki proses pengembalian barang tercepat, diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

"Riset kami menunjukkan bahwa konsumen Indonesia kini semakin selektif dalam memilih platform e-commerce andalan mereka. Hadirnya berbagai fitur dan program yang mendukung kepuasan berbelanja online menjadi faktor penentu loyalitas masyarakat terhadap suatu platform," kata Andi Sukma.

"Dari data yang kami peroleh dan sajikan melalui riset ini, terlihat jelas bahwa Shopee memahami pentingnya memberikan pengalaman belanja online holistik yang memuaskan dari awal hingga akhir bagi masyarakat," tutupnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat